Yang Harus Dikerjakan PTK Di Aplikasi Simpatika

Yang Harus Dikerjakan PTK Di Aplikasi Simpatika – Simpatika merupakan platform aplikasi pada Kementerian Agama yang digunakan lebih pada pengolahan data Pendidik dan Kependidikan. Banyak sekali data terkait PTK yang harus diinput pada aplikasi ini. Secara umum fitur login pada aplikasi ini terbagi menjadi beberapa akun yaitu 

  • Akun Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    Merupakan akun login yang wajib dikelola oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan masing-masing. Ada beberapa pekerjaan yang memang harus dilakukan oleh setiap PTK dalam akun login PTK.
  • Akun Kepala Madrasah
  • Akun Operator
    Merupakan akun PTK tertentu yang diberi mandat oleh Kepala Madrasah untuk mengelola halaman admin pada layanan simpatika.
Untuk memastikan hak yang akan diterima oleh Pendidik dalam mengajar, tugas tambahan dan terlebih tunjangan. Seorang PTK wajib melakukan pekerjaan yang memang harus dilakukan olehnya sendiri. Karena ini menyangkut dengan hak dan kepentingan pribadinya.
Tentunya setiap PTK pun harus tau dan mengerti akun loginnya pada layanan simpatika. Bukan menjadi rahasia lagi, saat ini banyak sekali PTK yang menggantungkan datanya hanya kepada operator seorang. Bahkan sering terjadi Pendidik yang bahkan tidak mengetahui akun loginnya di aplikasi simpatika. Karena semua terkait dengan hak pribadi masing-masing maka seharusnya PTK pun harus bisa mengolah datanya masing-masing. Tidak menggantungkan datanya pada operator seorang.
Memang masih menjadi problematika di kalangan PTK, bahwa tidak sedikit PTK yang bahkan tidak peduli dengan datanya sendiri. Saat ada permintaan data mereka tidak mau tau, tetapi saat tunjangan tidak kunjung cair mereka bersuara. Setiap PTK harus perduli dengan datanya masing-masing. Karena ini menjadi kewajiban dan tugas untuk setiap PTK. Berikut admin merangkum tugas PTK yang harus dikerjakan di layanan simpatika.
Trending  Daftar Madrasah Peserta AKMI Tahap I Tahun 2021

Yang Harus Dikerjakan PTK di Simpatika

  1. Keaktifan Diri dan Cetak Kartu Digital PTK

    Setiap awal semester setiap Pendidik dan tenaga Kependidikan secara mandiri melalui akun login PTK wajib melakukan keaktifan diri dan mencetak kartu aktif. Ini sebagai bukti bahwa PTK tersebut masih aktif melaksanakan tugas pada Madrasah yang bersangkutan
    Yang Harus Dikerjakan PTK di Simpatika
  2. Update Data Portofolio
    Apabila terdapat perubahan data portfolio, maka PTK wajib melakukan perubahan datanya masing-masing. Ada beberapa poin data pada menu ini diantaranya :
    a. Biodata
    b. Keluarga
    c. Riwayat Pegawai
    d. Pendidikan
    e. Karir
    f. Diklat dan Sertifikasi
    Apabila terdapat perubahan data dari salah satu poin di atas. Maka PTK harus mengajukan cetak perubahan data (S12) kepada admin simpatika kabupaten untu kmendapatkan aproval/persetujuan.
  3. Cetak SKMT dan SKBK
    Proses Ajuan SKMT dan SKBK hingga cetak adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab PTK masing-masing. Karena ini hanya bisa dilakukan melalui akun login PTK.
Itulah penjelasan terkait tugas-tugas yang wajib dilakukan oleh setiap PTK pada akun loginnya masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa share agar setiap PTK mengerti dan mengetahui hak dan kewajibannya di dalam aplikasi simpatika. Tidak hanya bergantung pada operator seorang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *