Sistem Data Pendidikan SIDADIK 2021, Aplikasi Database Siswa

Sistem Data Pendidikan SIDADIK 2021 – Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Halo teman-teman operator, jumpa maning dengan mr ell. Pada artikel kali ini ane akan share ke teman-teman sebuah aplikasi database siswa berbasis PHP.

Berawal dari pengalaman pribadi yang bekerja sebagai Operator Madrasah. Tentu, Anda sudah faham bagaimana sulitnya mengumpulkan sebuah data.

Saat ini data merupakan hal yang sentral dalam pendidikan. Tidak hanya sekedar data saja, namun harus juga berbarengan dengan sebuah validitas.

Akan sangat merepotkan tentunya jika kita harus mengumpulkan data sekaligus memverifikasinya. Nah, aplikasi ini bertujuan untuk mengumpulkan data sekaligus siswa dapat memverifikasi datanya sendiri.

Baca Juga : Cetak NISN Online Dengan Foto dan QR Code

Sistem Data Pendidikan SIDADIK 2021

Sebenarnya ane sudah membuat beberapa kali sidadik ini. Yah, bukan buat dari nol juga sih. Jadi kita modifikasi beberapa aplikasi yang sekiranya bisa dipergunakan untuk sebuah database.

Maklum kita bukan dari IT om, jadi kurang mumpuni untuk buat aplikasi beginian.

Tapi dengan tekad bulat untuk mempermudah pekerjaan ane pada awalnya. Mulailah belajar aplikasi PHP, yang notabene sama sekali belum pernah ane kuasain.

Pada intinya, kalau sekiranya ini bisa bermanfaat silahkan bisa digunakan untuk aplikasi database siswa. Semoga sih bermanfaat terutama buat pekerjaan operator yang kerjaannya mantengin nomor NIK siswa.

Baca Juga : Sistem Data Pendidikan 2020

Aplikasi Database Sesuai EMIS dan DAPODIK

Oke lanjut, untuk form isiannya insya allah sudah sesuai EMIS plek jiplek kalau bahasa jawanya. Karena ane kerja di madrasah jadi acuan isian data mengacu ke EMIS.

Dan setelah beberapa temen di sekolah ane tanya, ternyata tidak jauh berbeda juga dengan DAPODIK. Jadi ya bisa dibilang aplikasi ini isinya sudah sesuai dengan EMIS dan DAPODIK.

Harapannya sih tidak ada update data baru lagi di EMIS atau DAPODIK. Jadi nggak perlu ada update database lagi. Sudah banyak banget data yang harus operator input soalnya.

Satu siswa saja bisa sampai 60 lebih item form yang harus di isi. Tinggal kalikan saja ada berapa siswa pada sekolah atau madrasah itu.

Baca Juga : Aplikasi Kartu Pelajar Berbasis Excel

Fitur Aplikasi SIDADIK

Kalau bicara fitur mungkin banyak yang nggak sesuai ekspetasi temen-temen ya. Sekali lagi ane tekankan nih, ni aplikasi intinya cuma buat database aja. Berawal dari gundah gulana ane, susah untuk ngumpulin data.

Jadi ya jangan berharap lebih ya, sungguh ku tak sanggup. Intinya dalam aplikasi ini ada 2 fitur login.

Fitur Login Admin

Jelas dong harus ada fitur ini. Tentunya yang mengoperasikan ya operatornya, untuk mantau data siswa. sekaligus mempergunakan data yang ada.

Admin bisa menambah, melihat, dan merubah data siswa. Selain itu juga ada fitur upload dokumen, jadi fotocopy dokumen siswa juga bisa terupload disini.

Harapannya sih, nggak perlu repot kalau mau cari fc kk siswa. Tinggal buka sidadik, cari nama siswanya, beres.

Untuk menambahkan siswa, juga sudah ada fitur import via excel. Jadi lebih cepet nggak input satu-satu. Dan juga ada expor datanya juga ke excel.

Jadi kalau datanya sudah full, siswa sudah isi semua. Data dari sidadik bisa jadi acuan database lengkap siswa.

Baca Juga : Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan DAPODIK

Fitur Login Siswa

Berikutnya untuk fitur login siswa. Untuk fitur ini, memang sengaja harus ada. Tujuannya biar data-data siswa yang memverifikasi mereka sendiri.

Jadi siswa bertanggung jawab atas data yang dia isi. Untuk selanjutnya operator tinggal comot-comot aja data dari situ.

Dan sebagai info saja, aplikasi ini sudah enak kok kalo dilihat lewat hp. Jadi siswa mau isi datanya lewat android udah jalan banget.

Baca Juga : Aplikasi Kartu Pelajar PHP, Langsung Foto vi Webcam

Cetak Kartu Pelajar dan Kartu NISN

Nah selain untuk aplikasi pendataan. Pada aplikasi sidadik 2021 ini, juga sudah ane tambahin untuk cetak kartu pelajar dan kartu nisn juga.

Jadi kalau mau cetak kartu, ya tinggal lengkapin saja data siswa. Setelah itu, kalian bisa upload foto siswa yang bening bening, tinggal cetak deh.

Bisa di kertas PVC atau di kertas foto biasa aja.

Demikian ulasan mengenai aplikasi SIDADIK. Semoga ini bermanfaat untuk operator-operator yang gundah gurindang untuk mengumpulkan data.

JANGAN LUPA SHARE YA, KE FACEBOOK, WHATSAPP. ITU ADA TOMBOL DIBAWAH KASIAN KALAU NGANGGUR. YUK YUK YUK

Untuk donwload aplikasinya jangan lupa Subscribe Channel Youtube Mr ell ya, Gaskuiiiiiiiiii

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *