Perusahaan Asuransi Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Diposting pada
Perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa keuangan dan menyediakan produk berupa perlindungan kepada nasabahnya. Asuransi sendiri merupakan bentuk perjanjian antara pihak penanggung yang menyediakan produk dengan pihak konsumen yang selanjutnya disebut sebagai nasabah. 

Dalam kontrak polis, perusahaan insurance bertindak sebagai penanggung risiko atau insurer sedangkan nasabah adalah tertanggung (insured). Bila resiko terjadi, maka perusahaan akan menjamin ganti rugi keuangan pada nasabah. Karena itulah, nasabah harus membayar sejumlah uang (premi) kepada pihak asuransi.

Perusahaan Asuransi Yang Terbaik di Indonesia

Perkembangan industri asuransi di Indonesia terus mengalami peningkatan positif. Berdasarkan catatan OJK, perkembangan ini tumbuh seiring dengan kestabilan pada sektor jasa keuangan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aset sebesar 8,11 % (yoy) serta angka premi sebesar 6,33% (yoy).

Dengan pertumbuhan yang seperti ini, tentu memberikan dampak bagus pada industri asuransi di Indonesia. Beberapa industri ini bahkan menerima penghargaan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Seperti halnya tahun 2021 ini, sekitar 22 perusahaan insurance mendapatkan peringkat terbaik dari majalah Investor.

Perusahaan yang mendapat predikat sebagai perusahaan yang terbaik di Indonesia ini yakni 12 asuransi jiwa, 9 asuransi umum, 1 reasuransi. Majalah Investor juga memberikan reward spesial kepada 5 industri atas pencapaiannya yang signifikan meski pandemi Covid-19 tengah melanda negara.

Sebagai acuan penilaian, sedikitnya ada 15 macam tolok ukur yang harus mendapat perhatian. Untuk asuransi umum, standar penilaiannya sebagai berikut:

perusahaan asuransi
  1. Pertumbuhan aset rata-rata dari tahun 2016 – 2020
  2. Pertumbuhan jumlah investasi rata-rata tahun 2016 – 2020
  3. Peningkatan ekuitas rata-rata tahun 2015 – 2020
  4. Pertumbuhan premi penutupan langsung tahun 2016 – 2020
  5. Pertumbuhan premi netto rata-rata 2016 – 2020
  6. Pertambahan hasil underwriting rata-rata 2016 – 2020
  7. Pertumbuhan hasil investasi rata-rata 2016 – 2020
  8. Pertumbuhan laba bersih rata-rata 2016 – 2020
  9. Pangsa pasar premi neto 2020
  10. Rasio underwriting terhadap premi neto 2020
  11. Rasio kecukupan investasi
  12. Total Aset Turnover 2020
  13. Return On Assets 2020
  14. Return On Equity 2020
  15. Risk Based Capital 2020
Trending  Jenis dan Harga Asuransi Kesehatan Allianz

Standar untuk menilai asuransi jiwa mirip dengan kriteria pada asuransi umum, terkecuali pertumbuhan premi penutupan langsung (poin 4). Kemudian, pertumbuhan hasil underwriting ( poin 6) serta rasio underwriting pada premi neto (poin 10). 

Selain 15 macam tolok ukur ini, dewan penilai juga menilai kinerja semua industri asuransi. Penilaiannya mengacu pada semua kriteria yang telah berlaku baik untuk asuransi jiwa, asuransi umum, maupun reasuransi.

Perusahaan Insurance Yang Terbesar di Indonesia

perusahaan asuransi

Dari beberapa industri proteksi finansial yang menerima peringkat sebagai perusahaan insurance terbaik, ada di antaranya yang merupakan perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Contohnya yaitu PT Asuransi Sinar Mas, PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan yang lainnya.

Tak hanya sebagai perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, insurance company ini bahkan merupakan satu dari industri perasuransian terbesar di dunia. Perusahaan tersebut adalah Allianz dan Prudential.

Memiliki predikat sebagai perusahaan asuransi terbaik dan terbesar tentu bukan hal yang mudah, apalagi di tengah guncangan pandemi Covid-19. Perusahaan harus mampu mempertahankan kinerja serta meningkatkan pendapatan meski pertumbuhan ekonomi sedang mengalami tekanan.

Penilaian untuk menjadi yang terbaik dan terbesar pun memiliki kriteria tersendiri. Dua di antaranya adalah perusahaan insurance ini harus memiliki reputasi yang bagus dan finansial yang kuat.

Selain menerima penghargaan sebagai perusahaan asuransi terbaik, industri insurance terbesar ini juga menerima award dari Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA). Pemberian award ini berlangsung secara virtual pada tanggal 31 Agustus 2021 dengan kriteria penilaian berdasarkan pencapaian premi tahun 2020. 

Dari hasil penilaian Market Leaders Award 2021, 15 perusahaan insurance terbesar menerima award kategori Market Leaders Asuransi Umum Indonesia 2021. Selanjutnya 15 perusahaan lagi menerima award pada kategori Market Leaders Asuransi Jiwa Indonesia 2021.

Trending  Jenis-Jenis Asuransi Syariah yang Harus Diketahui

Dari beberapa perusahaan asuransi di atas, ada yang memiliki produk asuransi konvensional juga asuransi syariah. Produk berupa asuransi syariah inilah yang paling cocok untuk kebanyakan warga masyarakat di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *