Perbedaan Web Hosting dan Domain Beserta Kegunaannya

Ketika anda akan membangun sebuah website tentu tidak akan lepas dari hosting dan domain. Sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dulu perbedaan web hosting dan domain, serta apa fungsinya.

Mungkin keduanya sudah tidak asing terdengar. Namun tak pelak, masih sedikit orang yang secara rinci mengetahui fungsi dan kegunaannya.

Baca Juga : Daftar Hosting Murah Unlimited 2021

Perbedaan Web Hosting dan Domain dan Fungsinya

Perbedaan web hosting dan domain

Baca Juga : Promo Hosting Up to 80% GRATIS DOMAIN

Pengertian Web Hosting

Buat beberapa orang masih pemula, barangkali kata “hosting” masih asing pada telinga. Banyak pula orang yang menyebutkan hosting dengan makna web host.


Apa hosting itu? Servis hosting atau web hosting sebagai service source buat simpan data atau file-file di jagat maya. Dengan gunakan spesifikasi servis ini, kita bisa memperlihatkan data dan share data lewat internet.


Dengan memanfaatkan hosting, kita dapat membuat sebuah situs untuk memperlihatkan data, kabar, sampai mempromokan produk kita.


Kalaupun kita analogikan, hosting yaitu tempat di jagat maya, website yaitu rancangan toko atau tempat tinggalnya, data atau produk yaitu barang dagangannya.


Dan apabila anda mencari suatu info mengenai hosting, dapat ditandaskan anda bakal bikin sebuah website. Yang bakal anda pakai buat bikin sebuah data atau menjajakan produk.


Jadi hal pertama-kali yang kita perlukan yaitu sebuat tempat dengan akses lancar dan status yang vital. Supaya wesbite kita ringan diketemukan dan konstan karenanya memutuskan hosting yang pas jadi hal yang harus jadi perhatian.

Baca Juga : 5 Jenis Web Hosting, Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian Domain

Untuk membuat sebuah website, tentu tidak cukup hanya menyewa hosting saja. Selin hosting, untuk membangun sebuah website anda membutuhkan domain juga.

Menurut definisinya domain adalah sebuah nama yang unik, yang merepresentasikan isi dari website anda.

Kalau kita analogikan hosting adalah sebuah petak lahan, website adalah desain rumah, domain adalah alamat dari rumah kita. Jadi orang yang akan mengakses atau berkunjung ke website kita, memiliki alamat akses yang jelas.

Dengan begitu, cukup jelas apa fungsi domain. Tanpa memiliki domain, informasi yang kita bagikan melalui jagat maya, tidak bisa diakses oleh orang lain.

Domain biasa ditandai dengan .com atau .id atau untuk sekolah biasa meggunakan .sch.id. Selain itu masih banyak akhiran domain dengan kata-kata lain.

Sedangkan untuk awalan domain, kita bebas menggunakan nama sesuai dengan niche atau keperluan website.

Kesimpulan

Setelah memahami pengertian dari domain dan hosting, tentunya kamu sudah faham alurnya. Agar orang bisa mengakses situs web anda, yang harus anda lakukan adalah mengupload file web ke hosting.

Selanjutnya anda harus memberikan website tersebut sebuah nama domain. Dengan begitu orang bisa mengunjungi website anda dengan alamat domain tersebut. Begitulah kurang lebih gambarannya.

Oke, semoga informasi ini bermanfat, untuk kamu yang sedang membangun sebuah website.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *