Pemberitahuan Pengisian Pendataan AKMI Tahap I Tahun 2021

Pendataan AKMI Tahap I

Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia atau disingkat AKMI. Adalah sebuah manajemen evaluasi langsung dari Kementerian Agama untuk mengukur peserta didik madrasah. Kementerian Agama melalui Dirjen Pendis telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Pengisian Pendataan AKMI Tahap I Tahun 2021.

Pengukuran yang dimaksud pada point tersebut diatas adalah Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Pelaksanaan AKMI pada tahun 2021 direncanakan untuk 50% madrasah ibtidaiyah seluruh Indonesia. Sedangkan untuk sisanya, akan melaksanakan AKMI pada tahun 2022 bersamaan dengan pelaksanaan MTs dan MA.

Baca Juga : Daftar Madrasah Peserta AKMI Tahun 2021

Pemberitahuan Pengisian Data Pendataan AKMI Tahap I

Resmi, pada tanggal 10 September Direktorat Jenderal Kemenag RI, mengeluarkan surat terkait pendataan AKMI tahun 2021. Terdapat beberapa poin penting terkait pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia ini.

Berikut rangkuman point penting dari surat tersebut.

  1. Daftar madrasah yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) dapat diakses pada link: https://bit.ly/MadrasahAKMI2021
  2. Madrasah yang menjadi pelaksana AKMI diminta segera mengisi survei awal melalui link: https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/login/validitas Survei awal ini untuk mencakup beberapa pendataan terkait moda pelaksanaan AKMI dan jumlah peserta. Gunakan NSM sebagai username dan password. Silahkan langsung mengganti password saat sudah berhasil login yang pertama kali. Proktor madrasah silahkan mencantumkan data tim madrasah pada bagian PENDATAAN.
  3. Tim madrasah yang terdiri dari proktor, teknisi, dan pengawas silahkan melengkapi data di https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/event/ dengan memilih kegiatan Tim MI Peserta AKMI 2021.

Dengan terbitnya surat pemberitahuan pendataan ini. Operator harus segera melakukan pengisian data pada lama yang sudah tertera pada surat tersebut.

Data siswa dimaksud akan ditarik melalui aplikasi EMIS 4.0. Sehingga para OPM harus melengkapi terlebih dahulu detail siswa pada aplikasi Emis madrasah.

Trending  Twibbon KSM Kemenag 2021 Lengkap 34 Provinsi, Pasang Sekarang!

Pemberitahuan Pengisian Pendataan AKMI Tahap I Tahun 2021 ini sebagai langkah awal untuk pelaksanaan AKMI. Berikutnya untuk segera ditindak lanjuti semua madrasah yang tertunjuk.

Baca Juga : Penjelasan POS Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Download Surat Pendataan AKMI Tahap 1

Selengkapnya mengenai surat tersebut dapat diunduh melalui tautan link berikut ini

Demikian informasi mengenai pendataan AKMI tahap I. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *