Paparan Rakor Assesment Nasional (AN) Tahun 2021

Paparan Rakor Assesment Nasional (AN) Tahun 2021

Paparan Rakor Assesment Nasional (AN) Tahun 2021

Assesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah, sedangkan prestasi siswa dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan. AN hanya diikuti oleh sampel siswa yang terpilih dengan sistem acak, mulai dari kelas 5, 8 dan 11 pada tiap sekolah atau madrasah.

Hal yang harus dan perlu diketahui adalah bahwa :

  • AN bukanlah hasil dari evaluasi individu peserta didik
  • Hasil dari AN dapat ditindaklanjuti oleh satuan pendidikan yang bersangkutan
  • Tidak menambah beban pada siswa di kelas akhir

kompetensi yang paling menjadi dasar bagi setiap murid dalam sepanjang hidupnya adalah literasi dan numerasi. Untuk mengetahui sikap, kebiasaan, yang tercermin dari siswa adalah dengan survey karakter. Sedangkan dalam rangka melakukan diagnosa terhadap masalah serta planning untuk perbaikan pembelajaran oleh pengajar maupun satuan pendidikan, diperlukan survey lingkungan belajar.

Walaupun mengalami penundaan pelakasaanaan, AN akan tetap dilaksanakan pada tahun 2021. Banyak sekali aspen dan hal yang mungkin perlu diketahui oleh satuan pendidikan seperti kegunaan dari Assesmen itu sendiri.

Assesment For Learning :

Guru menggunakan informasi dari hasil penilaian untuk umpan balik perbaikkan pembelajaran. Menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi individual siswa. Tools yang dapat digunakan antara lain : kuis, PR, ulangan harian dan sebagainya.


Assesment As Learning :

Siswa merefleksikan diri terhadap kemampuannya untuk memonitor kemajuan dirinya dalam mencapai target belajar. Tools yang dapat digunakan antara lain : games based assesment, online assesment source dan sebagainya.

Assesment Of Learning :

Penilaian digunakan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, mengukur capaian siswa terhadap standar yang telah ditetapkan. Tools yang digunakan antara lain : Ujian nasional, sertifikasi dan lain-lain.

Trending  Template Brosur PPDB Keren, Format CDR Siap Edit

Umpan balik hasil dari penilaian merupakan faktor yang memberi dampak besar dalam peningkatan capaian siswa.

Berikut ini adalah Paparan Rakor Assesment Nasional 2021 :

  1. Paparan Rakor AN 2021

  2. RAKOR Persiapan AN 2021

  3. Assessment of, for, as Learning

  4. Mekanisme Pelaksanaan AN 2021

  5. Dukungan Network dan Server UBKD-AKM

  6. PERSIAPAN PENDATAAN ASESMEN NASIONAL

  7. Dukungan Infra dan Mitigasi AKM

  8. Pemanfaatan Laman ANBK

 

Demikian paparan hasil rakor Assesment Nasional Tahun 2021 semoga bermanfaat. Mohon kesediaannya untuk share informasi ini, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *