Fungsi Teks Excel Yang Wajib Diketahui Tenaga Administrasi/Operator

Fungsi Teks Excel Yang Wajib Diketahui Tenaga Administrasi/Operator – Di dalam pengelolaan data administrasi, tentu tidak akan lepas dari aplikasi microsoft excel. Salah satu fungsi penting dalam penggunaan aplikasi excel adalah pengolahan data. Dengan menguasai excel para tenaga administrasi akan sangat mudah untuk mengelola dan menyajikan data. Maka merupakan satu kewajiban bagi tenaga administrasi untuk mengetahui fungsi-fungsi dasar dalam aplikasi excel.

Tidak sedikit dari para pengelola data yang kurang memahami excel. Sehingga pekerjaan yang harusnya bisa cepat dikerjakan akan terasa sangat lama. Projek yang seharusnya sangat mudah dikerjakan akan terasa sangat sulit.

Kali ini admin akan membahas sedikit dari sekian banyak fungsi excel. Fokus dalam pembahasan artikel ini adalah fungsi/rumus teks dalam excel yang wajib dikuasai oleh tenaga administrasi.

Di dalam pengelolaan data administrasi, tentu tidak akan lepas dari aplikasi microsoft excel. Salah satu fungsi penting dalam penggunaan aplikasi excel adalah pengolahan data.

Fungsi Teks Excel Yang Wajib Diketahui Tenaga Administrasi

  • Fungsi LEN
    Berfungsi untuk menghitung karakter pada suatu cell.
    Satu misal kita ingin memastikan input yang kita masukkan ke dalam isian sesuai. Dalam contoh kasus di sini kita akan memastikan input NIK yang kita isikan sesuai yaitu 16 digit
    Fungsi Teks Excel
    Cell A1 adalah contoh data NIK, dan kita akan memastikan apakah data NIK yang kita input sejumlah 16 digit. Maka kita bisa cek berapa karakter yang ada di dalam cell A1 dengan menggunakan rumus LEN seperti pada gambar di atas. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
    Fungsi Teks Excel
    Angka yang tertera pada cell B1 (16) adalah hasil penghitungan karakter pada cell A1.
  • Fungsi LEFT
    Berfungsi untuk mengambil sejumlah karakter dalam cell yang sudah ditentukan. Satu misal dalam penulisan date/tanggal dan kita hanya ingin mengambil tanggalnya saja dalam cell tersebut maka bisa kita gunakan fungsi LEFT ini.
    Fungsi Teks Excel
    Dalam penulisan rumus di atas text berarti cell/teks yang akan kita ambil karakternya, dan [num_chars] berarti jumlah karakter yang akan diambil.
    Fungsi Teks Excel
    Dalam contoh di atas kita akan mengambil 2 karakter pada cell A1, yaitu mengambik karakter tanggalnya saja. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
    Fungsi Teks Excel
  • Fungsi MID
    Berfungsi untuk mengambil karakter dari tengah, sejumlah karakter yang ditentukan. Contoh di atas kita mengambil tanggal, pada contoh MID ini kita akan mengambil 2 karakter tanggal.
    Fungsi Teks Excel

    text berarti cell/teks yang akan kita ambil karakternya, start_num awal karakter yang mau kita ambil, num_chars berarti jumlah karakter yang akan kita ambil.

    Fungsi Teks Excel
    Dalam penulisan rumus di atas A1 artinya cell/teks yang akan kita ambil karakternya. Angka 4 berarti kita mengambil teks dimulai dari karakter ke 4, mulai dari 2,7,-, dan 0. Karakter ke 4 artinya angka 0. Angka 2 artinya jumlah karakter yang akan kita ambil.
  • Fungsi RIGHT
    Berfungsi mengambil karakter dari sebelah kanan. Satu misal meneruskan contoh di atas kita akan mengambil data date untuk tahunnya saja maka kita bisa menggunakan fungi RIGHT ini.
    Fungsi Teks Excel

    text berarti cell/karakter yang akan kita ambil. [num_chars] artinya jumlah karakter yang akan kita ambil.

    Fungsi Teks Excel
    A1 adalah cell/teks yang akan kita ambil, angka 4 berarti jumlah teks yang akan kita ambil sejumlah empat karakter. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
    Fungsi Teks Excel
  • Fungsi LOWER
    Berfungsi merubah karakter teks menjadi kecil semua.
  • Fungsi UPPER
    Berfungsi merubah karakter teks menjadi besar semua. 
  • Fungsi PROPER
    Berfungsi merubah karakter teks pertama menjadi besar
    Fungsi Teks Excel
Trending  Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M Terbaru
Kurang lebih itulah beberapa fungsi teks yang wajib diketahui oleh tenaga administrasi/operator dalam pengolahan data. Semoga artikel ini sedikit memberikan ilmu kepada kalian semua yang sudah mampir ke blog Mr. Ell. Jangan lupa tinggalkan komen di bawah ya, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *