Elearning Madrasah 4.0.0

Fitur Baru Elearning Madrasah 4.0.0, Changelog V4

Elearning Madrasah 4.0.0

Elearning Madrasah 4.0.0 – Saat ini elearning madrasah sudah semakin berkembang dan lebih baik. Hal ini sejalan dengan perkembangan situasi pembelajaran saat yang masih memaksa satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring.

Kabar terbaru tentang update elearning keluaran Direktorat KSKK Kementerian Agama saat ini sudah masuk pada versi 4.0.0.

Untuk patch elearning 4.0 sudah bisa langsung unduh pada lama atau portal e-learning madrasah. Lalu fitur apa saja yang berubah? Terdapat tambahan fitur apa dalam elearning 4.0 kita simak artikel berikut ini.

Baca Juga :
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021
Daftar Madrasah Peserta AKMI Tahap I Tahun 2021
Pemberitahuan Pengisian Pendataan AKMI Tahap I Tahun 2021
Perbedaan dan Persamaan AKMI Dan ANBK

E-Learning Madrasah Versi 4.0.0

Patch Elearning Madrasah 4.0.0 sudah langsung dapat diunduh melalui laman elearning kemenag. Atau silahkan bisa unduh melalui tautan berikut.

Sedangkan untuk cara melakukan Update sebenarnya cukup mudah. Untuk elearning madrasah versi instaler, cukup unduh patch instaler. Berikutnya lakukan instalasi patching hingga finish.

Sedangkan untuk update versi hosting, silahkan bisa disimak pada videot tutorial berikut.

Fitur Elearning Madrasah 4.0.0

Terdapat beberapa tambahan fitur yang sangat menarik dalam e-learning madrasah 4.0. Beberapa fitur yang akan lebih memudahkan guru atau satuan pendidikan dalam memberikan informasi yang lebih pada siswa atau orangtua wali siswa.

Berikut beberapa changelog elearning madrasah 4.0

1. Integrasi Whatsapp Gateway

Satuan pendidikan melalui akun admin atau akun eksekutif dapat melakukan whatsapp blast kepada guru/siswa/orangtua. Hanya dengan 1 klik saja kita dapat mengirim sebuah pemberitahuan, pengumuman bahkan undangan melalui whatsapp.

Selain itu, guru juga dapat mengirim pesan WA kepada siswa ataupun wali/orangtua siswa. Pendidik bisa menginformasikan nilai pelaksanaan CBT, nilai Pengetahuan dan nilai Keterampilan langsung ke whatsapp orangtua.

Trending  Fitur Update E-Learning Madrasah Versi 4.5.1

2. Update Fitur CBT pada akun siswa

Tampilan CBT pada akun login siswa akan lebih ringan, user friendly dan informatif. Berbeda dengan tampilan CBT pada elearning madrasah versi 3.0.

Setelah siswa mengerjakan tugas atau CBT, siswa akan secara langsung mendapatkan hasil rekap lembar jawab dalam bentuk PDF. Ini akan memudahkan siswa dalam melakukan evaluasi dan sebagai bahan pembelajaran siswa.

3. Fitur Camera Webcam Pada CBT

Pada elearning madrasah versi 4.0 sudah terdapat fitur kamera pengawas ujian. Pada saat pelaksanaan CBT guru bisa secara langsung melakukan pengawasan terhadap proses pengerjaan siswa.

Secara otomatis, sistem akan mengambil beberapa photo siswa saat mengerjakan CBT. Dengan adanya fitur ini, guru akan mudah melakukan pengawasan pada siswa saat mengerjakan CBT.

Namun ada syarat khusus yang harus disetting agar fitur ini dapat dijalankan. Elearning harus terinstal SLL/https.

4. Zona Waktu Otomatis

Update fitur ini guna menjawab dibeberapa wilayah ada Siswa yang ketika belum mengerjakan, waktu ujian dianggap selesai oleh sistem karena pengaturan pada zona waktu diwilayah nya yang tidak sesuai.

5. Impor Soal PDF

Pada versi elearning madrasah 3.0, fitur pembuatan soal pada akun guru hanya dapat menggunakan template excel. Nah, pada elearning versi 4.0 ini sudah tersedia upload sola menggunakan PDF.

Pembuatan soal dapat langsung diupload melalui bentul soal PDF. Termasuk apabila terdapat gambar dalam soal PDF tersebut maka akan otomatis terupload ke dalam CBT Elearning.

6. Impor Soal Word

Selain tambahan impor soal menggunakan PDF. Pendidik juga bisa menggunakan template word untuk melakukan upload soal.

Sama halnya dengan PDF, beberapa soal yang berbentuk gambar dalam template word ini juga akan secara otomatis terupload ke dalam soal CBT.

Trending  Madrasah Sasaran Bimtek e-RKAM Tahun 2021

7. Export Soal PDF

Tambahan fitur elearning madrasah 4.0 lainnya yang tak kalah menarik adalah adanya fitur export soal. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk melakukan dokumentasi soal.

Guru dapat memiliki dokumen bank soal yang sudah dibuat dalam elearning ke bentuk PDF file.

8. Bank Soal Madrasah

Pembatasan akses pada Bank soal Madrasah hanya dapat dilihat oleh Guru yang membuat soal, Pada bank soal Madrasah, terdapat fitur untuk copy soal secara keseluruhan.

9. Generate Ulang Nilai CBT

Dalam Versi 4.0.0,  ketika Peserta sudah ada yang selesai mengerjakan CBT. Akan tetapi terdapat kesalahan pengaturan kunci jawaban yang dibuat oleh Guru.

Siswa tidak harus mengulang ujian, cukup dengan memperbaiki kunci jawaban yang salah pada ujian yang dibuat. Kemudian lakukan generate ulang skor, secara otomatis skor akhir setiap siswa akan dihitung ulang kembali oleh sistem.

10. Monitor Waktu dan Foto Siswa

Ketika Siswa sedang mengerjakan ujian, Guru dapat melihat sisa waktu setiap siswa dan melihat foto pelaksanaan siswa ketika sedang mengerjakan ujian,

Fitur ini akan memastikan bahwa yang mengerjakan ujian adalah benar siswa tersebut walaupun ujian dilaksanakan secara daring dirumah.

11. Cetak Lembar Jawab Siswa

Selain analisis perbutir soal yang tersedia dalam E-learning Madrasah. Pada versi baru ini, Guru dapat mengunduh Hasil Lembar jawaban siswa kedalam dokumen (pdf).

Sehingga pendidik memiliki dokumen pengerjaan siswa. Akan sangat bermanfaat apabila pelaksanaan akreditasi.

12. Absensi Elearning Madrasah

Kepala Madrasah, Operator E-learning ataupun Proktor dapat memonitor kelas kelas yang sedang melaksanakan ujian berbasis CBT melalui akun masing-masing.

Adapun rekap absensi yang dapat terpantau adalah :

  • Rekap Absensi siswa dalam kelas
    – Rekapitulasi Absen harian
    – Rekap Absen Bulanan
    – Rekapitulasi Absen Kelas luring
  • Rekap Absensi Guru
    Absensi Guru terdapat fitur absensi Datang dan Absensi Pulang
Trending  Twibbon Sukses ANBK 2021 Madrasah

13. Lintas Kelas atau Rombel

Untuk dapat menggabungkan siswa yang berbeda kelas atau lintas kelas. Dapat menggunakan kode kelas melalui akun siswa.

14. Perhitungan Nilai Rapor Kelas

15. fitur Bahan Ajar

Untuk melakukan upload bahan ajar dapat dengan cara drag and drop saja. Dan terdapat fitur preview sebelum menyimpan bahan ajar.

16. Fitur Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pada saat pendidik membuat RPP maka nama Madrasah, guru yang membuat dan kepala madrasah akan otomatis tertulis dalam output RPP yang dapat diunduh.

17. Upload tugas KI-3

18. Upload tugas KI-4

Sama dengan bahan ajar. Dalam melakukan upload tugas KI3 atau KI4 dapat dilakukan dengan drag and drop dan terdapat priview sebelum simpan.

19. Update Profil Siswa

Peserta didik atau operator/admin dapat melakukan perubahan profile siswa. Hal ini perlu dilakukan untuk melakukan perubahan nomor HP siswa atau orangtua wali siswa.

20. Filter menu guru dan Siswa

21. Reset Token CBT

22. Pengaturan Google Drive dan Migrasi

Pengaturan Google drive sudah tidak dibatasi, bagi Madrasah yang masih menggunakan akun google drive E-learning (default), dan menemukan kasus ada dokumen yang tertukar.

Silahkan segera untuk mengganti dengan akun google drive Madrasah. Bisa juga menggunakan akun google drive umum (gmail.com). Migrasi pada versi 4.0.0 akan menghapus file yang berada di server yang sudah berhasil dipindah ke google drive.

23. Update Password Elearning

Perubahan Password Admin sudah diperbaiki dan silahkan untuk memperbaiki password Admin secara berkala untuk menjaga keamanan.

24. Peningkatan Keamanan Elarning

Beberapa bugs yang ditemukan sudah diperbaiki sehingga dalam elearning 4.0 sudah cukup aman dan tidak bisa bermain url dalam penggunaannya.

Demikian penjelasan mengenai beberapa perubahan yang terdapat dalam Elearning Madrasah 4.0.0. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *