Sayang Mobil? Cek Contoh Asuransi Kendaraan ini

Diposting pada

Meski bukan kebutuhan primer, mobil saat ini cukup penting. Untuk memastikannya tetap terlindungi, beberapa contoh asuransi kendaraan berikut perlu menjadi pertimbangan.

Asuransi akan memberikan jaminan jika terjadi masalah pada mobil. Dengan premi yang variatif, jenis perlindungan yang diberikan pun beragam. Untuk dapat menentukan jenis asuransi yang akan tepat, pahami dulu penawaran benefit produk tersebut. 

Contoh Asuransi Kendaraan yang Perlu Menjadi Pertimbangan

Asuransi merupakan bentuk sharing risiko jika terjadi masalah dengan kendaraan. Pada saat terjadi kerusakan atau bahkan terburuknya mobil hilang, pihak asuransi akan bertanggung jawab untuk mengganti sesuai dengan isi perjanjian. Bagaimana jika tidak terjadi klaim? Tentu uang pertanggungan akan hangus. 

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai manfaat. Besarnya premi tergantung jenis kendaraan, usia, dan perlindungan atau klaim ganti ruginya. Semakin banyak manfaatnya, tentu biaya premi bagi tertanggung juga lebih besar. Sebagai contoh asuransi kendaraan bermotor akan mengganti unit jika terjadi kehilangan.

contoh asuransi kendaraan

Begitu penting asuransi bagi pemilik kendaraan. Tidak heran jika agen asuransi selalu menawarkan agar pemilik mobil mengambil salah satunya. Berikut contoh asuransi untuk kendaraan yang perlu menjadi pertimbangan.

1. Contoh Auransi Kendaraan All Risk

Sesuai namanya, contoh asuransi kendaraan ini akan menjamin total kerusakan, baik ringan maupun berat. Lecet, penyok, hingga hilang akan tercantum dalam perlindungan, jika pemilik mengambil produk ini. 

Dibanding dengan jenis yang lain, contoh asuransi kendaraan bermotor ini paling besar preminya. Tentu saja sebanding dengan perlindungan yang diterima. Meski terbilang mahal, namun banyak pemilik mobil yang membeli asuransi All Risk.

2. Total Loss Only (TLO)

Contoh asuransi kendaraan di Indonesia lainnya adalah Total Loss Only. Hampir sama dengan All Risk, asuransi ini akan mengganti mobil yang hilang, sesuai dengan perhitungan nilainya. Namun kerusakan yang mendapat penggantian hanya jika parah sampai 75% sehingga mobil tidak dapat beroperasi lagi.

Trending  Ingin Terlindungi dari Risiko? Asuransi Adalah Solusi Tepat

Insiden yang menyebabkan pengajuan klaim harus terbukti secara valid, contohnya dari kepolisian. Jika tidak, maka klaim TLO akan mendapat penolakan. Melihat dari besar preminya, TLO lebih kecil daripada All Risk. Surat Edaran OJK mengatur tentang hal ini.

3. Collision Coverage

Seperti namanya, Collision Coverage adalah contoh pertanggungan untuk kendaraan yang melindungi mobil dari tabrakan karena kelalaian pengemudi. Jika terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi, baik tunggal atau lainnya, asuransi akan mengganti biaya perbaikannya. Besarnya klaim uang pertanggungan senilai harga mobil atau sesuai ketentuan dalam polis. 

4. Liability Insurance

Kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengemudi memang sering terjadi. Perusahaan asuransi menangkap peluang ini untuk menerbitkan berbagai produknya. Selain Collision Coverage, contoh asuransi kendaraan di Indonesia yang mengklaim kecelakaan karena kelalaian pengemudi adalah Liability Insurance.

Bedanya, selain mengklaim biaya yang timbul karena kerusakan mobil, Liability Insurance juga meng-cover seluruh pengeluaran untuk berobat. Dengan perlindungan yang lebih besar, tentu premi yang dikeluarkan berbeda. 

5. Personal Injury Protection

Contoh asuransi kendaraan yang melindungi pengemudi lainnya adalah Personal Injury Protection. Selain pengemudi, penumpang yang cedera juga dapat melakukan klaim jika terjadi insiden. Besar premi tergantung ketentuan terkait pengemudi dan jumlah penumpang yang tercover.

Pembatalan Asuransi Kendaraan

Sudah membayar premi cukup lumayan, kemudian membutuhkan uang tunai? Atau merasa asuransi lain lebih baik dan ingin menutup yang saat ini berjalan? Contoh surat pembatalan asuransi kendaraan dapat berguna untuk membantu pengajuannya. 

Banyak sebab yang mendasari seseorang untuk membatalkan asuransi kendaraan yang sudah berjalan. Selain dua hal di atas, pelayanan yang tidak kooperatif dan klaim dengan prosedur yang rumit sering menjadi penyebab. 

Trending  Attorney for Car Accident

Seperti ketika akan membeli polis, saat pembatalan pemilik juga harus mengisi formulir. Jika ada yang meragukan,, pastikan dengan bertanya pada petugas. Jangan sampai pembatalan mengalami kendala karena hal ini. Bentuk surat pembatalan asuransi kendaraan yang sudah lengkap dapat dipelajari untuk referensi.  Berikut cara pengajuannya:

  • Hubungi Costumer Service, siapkan data diri dan data polis
  • Jelaskan alasan pembatalan asuransi secara detail. Mungkin pihak asuransi akan melakukan penawaran
  • Isi formulir pembatalan polis
  • Pahami secara detail semua ketentuan yang ada di surat pembatalan
  • Jika melakukan pembatalan lebih dari 14 hari setelah pembelian polis atau masa cooling off, seluruh uang premi kemungkinan akan kembali
  • Beberapa contoh asuransi kendaraan hanya mengembalikan sebagian uang yang telah masuk jika melebihi waktu tersebut. Masing-masing perusahaan, tentu mempunyai ketentuan yang berbeda.

Penulis : Irena
Editor : Abdul Latif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *