Cara Rekam Layar Laptop Menggunakan OBS
Cara Rekam Layar Laptop Menggunakan OBS

Cara Rekam Layar Laptop Menggunakan OBS Studio

Banyak sekali cara untuk melakukan rekam layar pada komputer atau laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi OBS Studio. Berikut selengkapnya cara rekam layar laptop menggunakan OBS Studio.

Penggunaan aplikasi OBS sebenarnya lebih pada fitur untuk melakukan streaming. Mungkin akan timbul beberapa pertanyaan, apakah OBS Studio bisa digunakan untuk merekam layar laptop?

Tentu saja bisa, karena pada dasarnya sama saja, saat kita melakukan streaming ataupun record layar. Bahkan menurut mr ell, rekam layar menggunakan aplikasi streamlabs ini jauh lebih mudah.

Selain itu, banyak sekali fitur-fitur menarik yang bisa kita manfaatkan saat melakukan record layar laptop. Terdapat bermacam-macam source yang bisa kita masukkan kedalam rekaman.

Trending : Aplikasi Yang Wajib Ada Di Laptop

Rekomendasi Aplikasi Rekam Layar Laptop Gratis (OBS Studio)

OBS Studio merupakan salah satu dari sekian aplikasi streaming yang cukup user friendly. Tampilan user interfacenya sangat simpel dan sangat mudah difahami bahkan untuk pemula sekalipun.

Dan yang paling menarik adalah software ini bisa kamu gunakan secara gratis dengan fitur yang optimal. Jadi sangat recomended sekali untuk kamu yang punya kantong tipis.

Selain dari fungsi utama untuk melakukan streaming, entah di youtube, faceboook, atau platform lainnya. Aplikasi ini juga dapat kamu pergunakan untuk melakukan rekam layar. Berikut Selengkap

Cara Record Layar Laptop Menggunakan OBS

Sebelum kita menuju langkah pembahasan bagaimana rekam layar komputer/laptop menggunakan OBS. Silahkan kamu download dan instal terlebih dahulu aplikasinya. Saya anggap kamu sudah mahir untuk urusan ini, tinggal next next hingga finish ya.

Setelah selesai instal, silahkan buka aplikasi OBS kamu dan langkah-langkah berikut ini.

  • Buat Sebuah Scene Baru (Bebas mau di kasih nama apa)
  • Pada Bagian Source Klik Add
  • PIlih Display Capture
  • Pada tampilan display akan muncul seluruh tampilan dekstop kamu
  • Kamu bisa menyesuaikan ukuran tampilan agar sesuai dengan display OBS
  • Cukup tekan ctrl + f maka tampilan sudah akan fit dengan display
  • Cek pada bagian Sound, pastikan indikator sound sudah masuk.
  • Apabila tampilan sudah sesuai dan pas klik Star Recording untuk mulai merekam layar
Trending  Cari tahu keberadaan teman melalui WhatsApp, dengan tips dan trik sederhana ini.

Selain menggunakan tombol record yang ada, kamu juga bisa mengatur sendiri key untuk record agar hasilnya lebih maksimal dan tidak perlu edit rekaman. Untuk membuat hotkeys start dan stop record kamu bisa ikuti langkah berikut :

  • Klik menu setting
  • Pilih Tab menu Hotkeys
  • Arahkan pada key Start recording
  • Klik pada salah satu keyboard (f12 misalnya)
  • Lakukan hal yang sama pada Stop record

Trending : Ciri-ciri WA Disadap Orang Lain, Ini Tanda-tandanya

Nah kalau kamu sudah melakukan setting tersebut, saat akan merekam layar kita cukup menekan tombol hotkeys yang sudah kita setin tadi.

Demikian ulasan mengenai Cara Rekam Layar Laptop Menggunakan OBS, semoga informasi ini bermanfaat. Untuk tutorial selengkapnya bisa kamu simak pada video berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *