Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

Trending  Tips Buat Blogger Pemula, 10 Hari Blog Diterima Adsense

Cara Membuat Blog SEO – Mungkin, kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah blog. Barangkali saat kamu menjelajah dunia maya atau ketika ngobrol dengan kawan.

Sudah bukan rahasia lagi lagi bahwa blog mempunyai peran yang sangat penting pada pola hidup dan dan gaya orang milenial. Di segala jenis lapisan masyarakat saat ini tidak sedikit  yang memanfaatkan blog sebagai penghasilannya. Bagaimana Cara Membuat Blog SEO?

Ini bukan opini lagi, pada kenyataannya sudah banyak orang yang mulai belajar tentang blog. Hal ini disebabkan karena penghasilan melalui blog cukup menjanjikan.

Bisa jadi kamu salah satunya, penasaran Bagaimana cara cara membuat blog?

Secara detail Berbagi tutorial akan  menjelaskan seluruh proses yang kamu butuhkan dan untuk menciptakan sebuah blog. ada banyak kriteria yang akan menentukan sukses atau tidaknya blog mu.

Diantaranya adalah Niche atau bisa juga kita sebut dengan fokus konten blog. Hingga faktor lain yang dibutuhkan agar kamu sukses dalam menekuni dunia blogger.

 

Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

 

 

Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

Apa yang dimaksud dengan blog?

Disebutkan dalam WikipediaMerupakan satu diantara jenis web yang berisi artikel dengan beragam bahasan tema. Artikel-artikel tersebut biasa kita sebut dengan istilah postingan.

Tidak jarang blog menjadi di sebuah platform bagi para penulis untuk mengembangkan potensi dirinya. Selain itu, dengan selalu menulis maka ada tuntutan untuk selalu berkembang.

Selain berfungsi untuk menyalurkan hobi dan menjalin hubungan melalui dunia maya. Blogging juga dapat memberikan kita penghasilan tetap. Diantaranya ketika  kita mampu mempublikasikan iklan di dalam blog atau berafiliasi.

Ada beragam bentuk dari blog seperti majalah, web pribadi , web pembelajaran atau bahkan sebagai toko online. Antar pembaca blog juga dapat berkomunikasi dengan menggunakan fitur komentar.

Apa beda blog dan website?

Seperti sudah admin sebutkan diatas, terdapat perbedaan yang amat mendasar antara keduanya yaitu fitur comment. Di dalam website belum mendukung  fungsi komentar. Sedangkan  dalam blog sudah bisa menggunakan komunikasi 2  jalur.

Hal lain yang membedakan adalah nama penulis, waktu posting dan label. ketiga hal tersebut tidak akan kita temukan di dalam website. Berbeda hal dengan blog, tiga komponen tersebut sudah lengkap berada di dalamnya.

Di samping itu kita akan menjumpai laman yang berada ada di website tidak pernah terupdate. Misalnya,  website produk, website pelayanan,  dan about me.

Lain halnya dengan blog yang mempunyai sifat dinamis. Karena, selalu ada pembaharuan konten.

Platform apa yang baik digunakan untuk membuat blog?

Ada beberapa platform yang dapat kita gunakan untuk  blogging. Diantaranya, wordpress.org, wordpress.com, tumblr, dan blogger.

Sebelum kita memilih platform mana yang akan kita gunakan. setidaknya kita harus benar-benar mengetahui kemampuan diri kita sendiri. Apakah kamu sudah memiliki  ilmu tentang blogging? Apakah kamu memiliki waktu yang memadai dalam pengelolaan blog?

Trending  5 Jenis Web Hosting, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

Agar tidak salah memilih berbagi tutorial akan menjelaskan pada kalian. Tentang kelebihan dan kekurangan pada masing-masing platform.

WordPress.org

Kelebihan:

  • gratis tidak dipungut biaya
  • terdapat live editor yang dapat digunakan dan untuk melakukan perubahan pada tampilan blog.
  • sudah terdapat plug in  yang dapat  meningkatkan manajemen blog,  SEO, dan  sistem keamanan

Kekurangan:

  • memerlukan keahlian tingkat tinggi.
  • pengelolaan CMS membutuhkan waktu yang lama.
  • memerlukan web host dan  domain  custom

WordPress.com

Kelebihan:

  • sudah satu paket dengan provider web  hosting dan domain
  • lebih mudah digunakan
  • tema sudah responsif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • tidak membutuhkan waktu lama

Kekurangan:

  • ruang penyimpanan sedikit
  • Biaya langganan untuk upgrade cukup mahal

Tumblr

Kelebihan:

  • tidak dipungut biaya
  • Tidak menggunakan hosting
  • konten interaktif seperti medsos
  • Niche atau pembahasan beragam
  • Tampilan sederhana

Kekurangan

  • visibilitas rendah

Blogger

  • tidak perlu berlangganan hosting
  • dasbor user friendly
  • terintegrasi dengan Google AdSense

Kekurangan:

  • banyak kompetitor

Pada artikel ini berbagi tutorial akan khusus membahas tentang bagaimana Cara Membuat Blog SEO dengan menggunakan platform blogger. karena, dengan segudang kelebihannya blogger lebih banyak digunakan para author untuk mendapatkan penghasilan.

Cara membuat blog

Menentukan Niche

Sebelum membuat blog kita harus menentukan konsep arah Blog kita. Digunakan untuk menjalankan bisnis atau web pribadi. Apakah itu Niche?

Niche merupakan fokus topik pembahasan dari blog. Seperti blog yang khusus  mengulas tentang pendidikan, hobi, musik dan lain hal.

Jadi kamu harus memiliki konsep yang jelas akan arah blog mu. sesuaikan dengan hobi atau profesimu.  Dengan begitu kamu tidak akan pernah kehabisan bahan untuk menulis artikel.

Tidak sedikit contoh block yang mangkrak karena topiknya tidak sesuai dengan profesinya. Atau pembahasannya terlalu beragam.

Maka, agar tidak berhenti di tengah jalan dan kamu  mendapatkan penghasilan melalui blog. Harus diawali dengan menentukan topik bahasan yang jelas.

Cara membuat blog di blogger

 

Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

 

 

  1. Kunjungi laman situs www.blogger.com
  2. Login menggunakan akun Google
  3. Pada halaman profil, Tentukan nama tampilan blogger anda,  lalu pilih Lanjutkan ke blogger
  4. Setelah masuk pada dasbor blogger, klik buat blog baru
  5. Masukkan nama judul blog dan alamat blog, setelah itu pilih tema blog yang anda sukai.  lalu tekan buat blog.

Pada tahapan ini kamu sudah selesai membuat sebuah blog dalam platform blogger. Kamu dapat melihat detail tampilan blog mu dengan cara klik lihat blog.

Tips memilih template blog yang Seo friendly

karena pengaruhnya yang sangat besar dalam sebuah blog. Maka, kamu harus tepat dalam memilih template blog. sebab, hal itu akan sangat mempengaruhi peringkat blogmu dalam SERP (Searh Engine Result Page) .

Sebenarnya banyak faktor pendukung yang lain.namun kita perlu memperhatikan betul tentang pemilihan template ini. Karena, akan menjadi pondasi dasar kita dalam bermain blog.

Tidak sedikit orang yang yang selalu mengganti template mereka. Hal itu disebabkan karena, mereka tidak menentukan Niche yang jelas dalam blognya.

Identitas blog sangat diperlukan sebagai branding web kita. Sesuaikan template dengan  identitas blogmu.

Berikut tips memilih template blog yang Seo friendly

  • Pilih template yang fast dan ringan
    Bayangkan ketika kamu mengunjungi sebuah blog yang sangat lambat diakses. apa yang kamu rasakan?
    Tentu rasa jengkel dan kesal karena loading lama. karena  itulah kita harus memperhatikan kecepatan  laman blog kita
    Kecepatan akses blog mungkin tidak memberikan pengaruh besar terhadap peringkat blog. namun blog yang sangat lambat akan memberikan pengalaman buruk kepada pengunjung. Itulah sebabnya kita memerlukan template yang ringan agar pembaca betah berada ada di dalam blog kita.

    Jangan hanya memilih blog berdasarkan tampilannya saja. “wah wah blog-nya keren ya, tampilannya menarik,warnanya bagus”.
    kamu harus menentukan antara kecepatan atau desain.
  • Struktur blog
    mungkin kita banyak menemui keluhan blogger yang tidak bisa mengindeks laman mereka. Hal itu dikarenakan terdapat struktur blog yang salah.
    Agar blog kita terindeks dengan baik dalam Google Webmaster tool kita harus memilih blog dengan struktur yang baik dan benar.
  • Pilih blog yang mobile friendly
    Pengguna smartphone di Indonesia meningkat dengan sangat pesat. Tahun 2018 saja pengguna aktif sudah lebih 100 juta orang. Saat ini ini hampir seluruh pengguna smartphone memanfaatkan  perangkat tersebut untuk membaca web.
    Website yang sudah mendukung fitur mobile friendly akan gampang terindex pada page one di pencarian Google.
  • AMP atau Accelerated Mobile Page
    Mungkin belum banyak yang tahu apa itu amp. Pada intinya dia berguna untuk mempercepat loading blog.
    Saat ini sudah banyak template blog yang mendukung fitur tersebut. Namun, juga ada beberapa  template yang belum support amp. Sebelum menggunakannya ada baiknya kamu mempelajari dulu tentang kelebihan dan kekurangannya.
  • Fitur yang lengkap
    Pada beberapa blog mungkin kita harus menulis scriptnya secara manual. Biasanya, template-template yang tidak berbayar harus menambahkan kan beberapa Script secara manual.
    Tentunya terdapat perbedaan antara yang berbayar dan tidak. ketika kamu menggunakan yang berbayar biasanya sudah lengkap fitur dan fungsinya titik seperti tombol share , breadcrumb, artikel terkait, slide show dan lain-lain.
    Saat kamu belum ahli dalam memainkan bahasa script maka menggunakan template yang premium akan lebih disarankan. kamu tidak perlu memikirkan fitur template mu, tinggal pakai saja.
  • Navigasi yang jelas
    Hal terakhir yang harus kita perhatikan dalam memilih template  blog adalah pengaturan navigasi. Tidak sedikit para blogger yang mendaftarkan web mereka ke Google Adsense tertolak karena navigasi yang tidak jelas.
    Maka kalian harus benar-benar memperhatikan pengaturan navigasi ini ketika kalian akan memilih template blog.
Trending  Cara Membuat About Us di Blog

Perlu kalian tahu template yang berbagi tutorial gunakan adalah  linkmagz dari sugeng.id . template ini sangat ringan dan mempunyai fitur yang lengkap.

Mungkin kalian membutuhkan referensi template blog keren. bisa kalian lihat di Bloger wajib tau!!! Kumpulan Template Blog Keren Terupdate

Mungkin kalian tertarik untuk mencobanya silakan lihat demonya di bawah ini :

 

 

Cara upload template blogger

Setelah kamu memilih template blog yang tepat. Sekarang saatnya untuk mengunggahnya ke dalam blogspot. Bagaimana caranya?

Sangat simple dan mudah. setelah kamu  menentukannya, ikuti langkah-langkah dibawah:

  • Ekstrak template blog.  Maka akan muncul file berekstensi .xml

  • Lalu upload ke dalam blogger.

    Caranya, masuk halaman dasbor blog lalu pilih menu tema, Klik pada tombol panah disamping sesuaikan, lalu  klik pulihkan.  Cari  file template dengan ekstensi .xml yang sudah kita ekstrak tadi

 

Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

 

Cara membuat navigasi blog

Seperti sudah kita bahas sebelumnya bahwa navigasi sangat penting untuk web yang akan di adsense. Diantara menu navigasi yang wajib kita pasang dalam blog kita adalah about, kontak,  sitemap, privacy policy, dan disclaimer.

Pada umumnya letak menu tersebut terdapat di dalam  header atau footer. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung dalam membaca blog kita.

Cara membuat about us

Laman about us merupakan hal yang urgent dalam blog. ini sebagai informasi kepada pembaca tentang siapa kita.

Untuk buat laman about kalian cukup masuk ke menu laman, lalu buat laman baru. Setelah itu tulis judul halaman dengan “About”. dan isi informasi halaman dengan lengkap sebagai informasi kepada pembaca tentang blog kita.

Cara membuat contact us di blog

Sebagai salah satu syarat agar dapat diterima di Google Adsense harus terdapat halaman contact us. Bila kamu salah seorang blogger yang yang yang ingin mengaitkan web mu dengan AdSense maka ini harus dibuat.

ada banyak website generate yang bisa kita gunakan untuk membuatnya. seperti 123contactform. com, foxyform. com, contactform7. com dan sebagainya.

ada juga beberapa blogger yang membuat laman kontak dengan membuat script sendiri. namun saya pribadi lebih suka menulis informasi kontak ini dengan pesan sederhana.  silakan kamu bisa melihatnya pada halaman contact.

Cara membuat disclaimer dan privacy policy Blog

Cara membuat Disclaimer

  • Kunjungi laman situs PrivacyOnline.
  • Tab pada menu Free Generator
  • Tab Disclaimer Generator

     

    Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

     

  • Akan tampil laman isian data. Lalu isikan nama websitmu pada kolom Your Website Name. Kemudian alamat url blogmu pada kolom Your Website URL. selanjutnya pilih next

     

    Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

     

  • Pilih country, site (propinsi) serta email yang masih aktif. Lalu pilih Create Disclaimer.
  • Setelah itu Copy html disclaimer

     

    Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

     

  • Masuk ke dashboard blogger, buat laman baru.
  • Jangan lupa untuk memilih HTML, selanjutnya paste dan publikasikan

Cara membuat Privacy Policy

Tidak jauh berbeda saat membuat Discalimer

  • Kunjungi laman web Privacy Policy
  • Tab pada menu Free Generator
  • Selanjutnya tab di Privacy Policy Generator
  • Tampil laman isian data. Lalu isikan nama websitmu di kolom Your Website/App Name. Kemudian, alamat url blogmu di kolom Your Website URL. Selanjutnya pilih next.
  • Centang semua dengan pilihan Yes, lalu isi prov dan negara, lalu next
  • Tab Create Privacy Policy
  • Salin HTML Privacy Policy
  • Masuk ke dasbor blogger, buat laman anyar
  • Beri judul Privacy Policy, Pilih HTML lalu publikasikan

Cara buat sitemap blogger

  • Masuk ke laman dasbor blogger
  • Buat laman baru
  • Beri judul Sitemap
  • Pilih HTML, lalu Copas skrip yang sudah saya lampirkan berikut (ubah URLBLOG dengan url blog kamu), publikasikan.

     

    Cara Membuat Blog SEO Friendly, Pasti Diterima Adsense

 

 

Cara membuat postingan di blog

  • Masuk ke dasbor bloger
  • Pilih menu Postingan, lalu tab postingan baru.
  • Buat Judul, dan isi postingan.
  • Isikan label
  • Isi deskripsi postingan
  • Buat custom url
  • Publikasikan

Ukuran gambar yang proporsional dalam blog

Seperti apa ukuran size image yang proporsional di uplod dalam blog? Apa ada ukuran tertentu? Berapa panjang dan lebarnya?

Saat kita membuat sebuah artikel di dalam blog, tentu akan sangat nampak meyakinkan bila disertai dengan image atau gambar. Namun, dalam mengunggah gambar dalam artikel kita tidak bisa sembarangan.

Ada ukuran dan size tertentu agar laju blog tetap optimal dan gambar juga tidak nampak pecah. Tidak sedikit para blogger pemula yang mengabaikan hal tersebut. Kebanyakan mereka hanya asal upload saja.

Hal yang harus diperhatikan saat upload atau unggah gambar di blog diantaranya :

  • Tidak Copyright atau free lisence
    Jangan asal comot saat unggah image. Hal yang paling benar dan tepat adalah kamu membuat gambarmu sendiri. Atau kamu bisa kunjungi penyedia gambar gratis contohnya di situs PIXABAY
  • Size Image
    Ukuran image yang tepat untuk di unggah dalam blog adalah perbandingan 16:9. Biasanya berada pada 600px x 400px.
    Selain itu, ukuran file jangan terlalu besar. Kamu bisa melakukan kompresi terhadap image yang akan diunggah. Kapasitas gambar yang bagus berada pada kisaran 30 – 80 kb

Kiranya itulah artikel tentang bagaimana cara membuat blog mulai dari nol. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat untuk kalian yang ingin memulai membuat blog.

Pada pembahasan selanjutnya setelah Cara Membuat Blog SEO, insya allah akan kita bahas bagaimana cara optimasi SEO blog, membuat artikel yang menarik dan unik, dan cara mengajukan adsense sampai diterima.

Jangan lupa di subscribe ya, SAMPAI JUMPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *