Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

 

Tugas utama seorang pendidik adalah mengajar. Pendidik mempunyai fungsi penting dalam melaksanakan proses pendidikan sebagai manajer, educator, administrator, supervisor, motivator, inovator dan banyak hal lain.
Terdapat perbedaan yang mendasar antara guru dan TU dalam pelayanan di aplikasi simpatika. Karena, memang secara fungsi dan tugas pokok sudah jelas berbeda. Tentunya ini juga berlaku dalam simpatika itu sendiri.
Dalam hal Nomor Pendidik Kemenag (NPK), melihat dari namanya saja sudah cukup jelas. Bahwa untuk memperoleh nomor tersebut tentu harus memiliki kualifikasi sebagai pengajar/guru. Dan minimal harus sudah mengajar pada satuan pendidikan tersebut selama tidak kurang dari dua tahun.
Syarat wajib seorang yang terdaftar dalam simpatika dan ingin memiliki NPK adalah dengan menjadi seorang pengajar.
Perubahan alih fungsi PTK ini salah satunya adalah didasari oleh masalah di atas. Di samping itu, memang ada beberapa ASN yang melakukan alih fungsi dari pengajar menjadi TU ataupun sebaliknya. Selain itu alih fungsi PTK ini juga berfungsi dari Non-PNS menjadi PNS. 

Hal yang menjadikan PTK melakukan perubahan fungsi jabatan adalah :

  • Alih fungsi dari staff TU menjadi Guru atau pendidik maupun sebaliknya
  • Alih fungsi dari Non-Pns menjadi PNS
Hal ini sah-sah saja di dalam dunia pendidikan. Namun karena seluruh PTK yang ada di naungan Kementerian Agama, datanya terekam dalam simpatika. Maka, proses alih fungsi ini juga harus dilakukan juga dalam aplikasi tersebut.
Di bawah ini akan admin jelaskan langkah-langkah untuk melakukan alih fungsi PTK dalam simpatika. Pastikan sebelum melakukan alih fungsi yang bersangkutan sudah melakukan perubahan data portofolio. Dan sudah di aprove oleh admin simpatika kabupaten.
Trending  Trouble Shooting ANBK 2021, Dan Solusi Mengatasinya

Tahapan Ajuan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

  1. Login melalui akun PTK
  2. Tap pada menu Alih Fungsi
  3. Akan ada PopUp yang tampil, sesuaikan data dengan kondisi terkini PTK yang bersangkutan, lalu klik LANJUT

    Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

  4. Isi detail data lalu Kliik LANJUT

     

    Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

  5. Isi detail pembaharuan riwayat mengajar

    Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

  6. Apabila data sudah sesuai dan benar, langkah selanjutnya adalah “Jadikan Permanen”. Lalu cetak surat ajuannya (S16) dan serahkan kepada admin kabupaten beserta lampiran yang diperlukan.

    Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

    Cara melakukan Alih Fungsi PTK Di Simpatika

Itulah tahapan cara melakukan alih fungsi PTK dalam aplikasi simpatika. Untuk melakukan perubahan data dari pendidik ke tenaga kependidikan ataupun sebaliknya.

Semoga sedikit tutorial ini dapat memberikan pencerahan bagi operator yang mungkin sedang melakukan proses alih fungsi. Mohon kesediaannya untuk share artikel ini dan jangan lupa Follow ya!!! Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *