Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton)

Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube


Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton)  – Hallo youtuber… setelah banyak pembahasan pada beberapa artikel berbagi turorial sebelumnya, sekarang mau saya bongkar rahasia membuat channel video tutorial yang profesional dan menarik.

Siapa yang masih bingung mau bikin apa di channelnya? banyak banget ya… 2juta orang kaya nih… pantesan aja setiap ada yg nanya, setelah diintip channelnya kebanyakan masih belum fokus. sayang banget ya.. kalian udah semangat bikin konten tapi bingung mau bikin apa… ke depan akan saya kasih tau berbagai macam pilihan channel yang bisa kalian pilih sekaligus tipsnya.

Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton)

Silahkan subscribe dulu buat yang belum nah dari pada kalian pusing, kenapa nggak nyoba bikin channel tutorial aja. Prospeknya juga bagus… nggak cuma game, prank, challange… kalau nggak reupload kena masalah baru panik coba kalian perhatikan yg ini… 

Dulu saya pernah bikin channel, isinya tutorial excel. baru 1 video yang sempat saya upload, karena kesibukan akhirnya channel itu terbengkalai. waktu saya cek.. ternyata udah ditonton sekitar 50 ribuan orang, dan 2 kali dicolong orang… hehehe… terpaksa saya kasih strike.

Dari sini bisa dilihat kalau channel tutorial, khususnya untuk aplikasi dan software itu banyak peminatnya. waktu itu saya juga pernah menulis buku tutorial mengenai pembuatan toko online menggunakan opencart. harga bukunya murah, sekitar 20ribuan. setelah penjualan menurun, isi buku ini saya buatin versi videonya. terus saya jual sendiri lewat internet.. saya buatin landing page, dan saya jual seharga 250 ribu perdownload. laku keras bro.. lumayan lah pokoknya… 

Trending  Tutorial Mencari Kata Kunci Youtube dengan Tubebuddy Untuk Youtuber Pemula

Belum lagi, saya sering mendapat proyek untuk pembuatan petunjuk teknis penggunaan aplikasi. tutorial juga isinya.. cuma modal skript, rekam suara  sama screencapture kalau kalian serius video tutorial bisa menghasilkan

Sekarang langkah apa aja dan tipsnya bikin channel tutorial yang bagus. Pahami ya.. yang mau saya sampaikan ini cara bikin video tutorial yang profesional. 

Tutorial yang bagus adalah tutorial yang direncanakan dengan baik.

Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton)

Pahami target penontonmu lebih dulu. Misalnya.. kesulitan dan kebutuhan mereka itu apa sih?harus diingat ya!!! salah satu fungsi tutorial adalah memecahkan masalah dan memberikan solusi. setelah dapetin topiknya.. kamu buat storylinenya..apa aja yang akan dibahas? Urutannya apa aja? contohnya kamu mau bikin tutorial penggunaan software eksel kamu bisa bikin :

  • pengenalan tampilan eksel
  • pengenalan menu
  • pengenalan icon
  • pengenalan shortcut 

setelah itu kamu harus buat scriptnya.. ini wajib dibikin. kalau kamu bikin tutorial tanpa skrip, hanya mengandalkan kemampuanmu mengoperasikan software, videomu nanti akan banyak berisi hal-hal yang nggak perlu. am em am em.. salah klik dsb.

Salah langkah ini akan membuat videomu jadi bertele-tele dan nggak efisien. Berisiko ditinggal penontonmu. 

Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton)

Tips untuk membuat skrip video tutorial di youtube : 

  1. pakai bahasa sehari-hari jangan terlalu formal biar penonton merasa diajarin sama temen sendiri.
  2. jangan hanya berisi step stepnya.. suruh klik ini klik itu.. tapi yang penting beri alasan dan penjelasan. misalnya mengapa kita pakai effect ini, kalau nggak diginiin nanti gimana dsb. ini akan memberikan pemahaman lebih dan nggak cuma suruh klik ini itu tanpa mengerti buat apa
  3. setelah itu coba kamu baca pelan-pelan dan pelajari kekurangannya. baik dari penjelasan dan langkah-langkah tutorialnya. lakukan berulang-ulang sampai kamu yakin kalau orang dengerin yang kamu omongin akan paham.
  4. setelah beres urusin skript, saatnya merekam suaramu. pastikan kamu punya alat rekam suara yang baik. bisa pakai hp, mic buat komputer/laptop dan sebagainya. kemudian cari tempat yang sepi dan memungkinkan untuk rekaman.
    hindari ruangan ber echo atau banyak gangguan suara. saat perekaman, usahakan kamu ngomong jangan terlalu cepat
      dan harus jelas. perhatikan intonasi jangan seakan-akan kamu sedang membaca.. bayangin kamu lagi ngajarin temenmu.
    kalau ada salah ngomong, kamu bisa ulangin dari bagian yg salah. nanti yang salah-salah tadi tinggal diedit. kamu edit tersendiri bagian audio ini.. hilangkan noise, besarkan volume dan sebagainya. kamu bisa pakai software semacam audacity untuk ngeditnya. itu software gratis ya silahkan dicoba. 
  5. langkah selanjutya adalah merekam monitormu. buka aplikasinya dan mulai merekam tutorialnya. gunakan skrip tadi sebagai panduan.
    lebih bagus lagi.. kamu coba dulu langkah-langkahnya sampai benar-benar dan hafal pada proses ini kamu nggak harus menyamakan dengan timing suara yang udah direkam tadi ya.. karena nanti dilakukan di editing.
  6. langkah selanjutya adalah merekam monitormu. buka aplikasinya dan mulai merekam tutorialnya. gunakan skrip tadi sebagai panduan. lebih bagus lagi.. kamu coba dulu langkah-langkahnya sampai benar-benar dan hafal pada proses ini kamu nggak harus menyamakan dengan timing suara yang udah direkam tadi ya.. karena nanti dilakukan di editing.
    yang penting langkah-langkahnya sesuai. ada banyak aplikasi untuk merekam layar ini, tapi yg terbaik saat ini adalah camtasia bisa rekam layar, suara, sih effect dan sebagainya.. nanti akan saya buatkan tutorial cara pakai camtasia (insya allah).
    yang penting, saat editing, kamu harus bisa ngasih detail langkah-langkahnya… misalnya yang akan diklik bentuknya kecil, kamu zoom. kalau pakai short cut kamu kasih tulisannya harus pencet apa dsb. atau kalau ada langkah berulang yang butuh waktu lama untuk ngerjainnya, kamu percepat jadi orang nggak boring nungguinnya.
    contohnya kamu bahas trasing atau masking foto di photoshop. kasih tau caranya, kemudian pas masking videonya cepetin aja karena orang udah paham intinya. jangan lupa kamu harus kasih tau hasil akhir dari tutorialmu. bisa before after dsb.
Trending  Tutorial Membuat Tags Youtube Cahnnel Auto Dapat Rangking Youtube Indonesia
Yosh… buat para youtuber atau calon youtuber. Itulah sedikit ulasan bagaimana Cara Buat Video Tutorial Profesional & Menarik di Youtube (Banyak Penonton). Semoga Bermanfaat, jangan lupa di share ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *