Cara Atasi Gagal Upload Dokumen Verval PD

Cara Atasi Gagal Upload Dokumen Verval PD – Verval PD merupakan aplikasi milik PDSPK yang berfungsi untuk melakukan verifikasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selain digunakan untuk editing data NISN juga dipergunakan untuk melakukan edit data pokok siswa mulai dari nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir,nomor induk kependudukan dan nama ibu. Data yang ada di dalam aplikasi verval PD merupakan data hasil dari integrasi dengan EMIS dan DAPODIK.

Secara umum editing data atau validasi data yang ada di dalam aplikasi verval pd terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Edit data NISN
  • dan Edit data identitas
1. Edit data NISN
Edit data NISN di lakukan apabila terjadi NISN ganda atau siswa tersebut belum memiliki NISN. NISN ganda berarti nomor induk tersebut dipakai lebih dari satu siswa. Kasus seperti ini biasa terjadi karena beberapa alasan, diantaranya
Cara Atasi Gagal Upload Dokumen Verval PD
  • Siswa belum dikeluarkan dari sekolah asal
    Solusi dari masalah ini adalah melakukan merger data sekolah asal dengan sekolah yang baru. Merger data ini bisa dilakukan dengan syarat salah satu data di sekolah non aktif. Akun verval pd sekolah tidak bisa melakukan merger. Sehingga untuk solusi merger data silahkan berkordinasi dengan admin kabupaten.
  • Siswa ganda di dalam satu sekolah
    Terjadi karena input data dobel di aplikasi EMIS/DAPODIK. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengeluarkan salah satu siswa yang ganda tersebut dari data sekolahnya pada akun login sekolah.
2. Edit identitas
Edit identitas dilakukan apabila terjadi ketidakcalidan data pada identitas siswa. Entah nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor induk kependudukan atau nama ibu.

Cara Atasi Gagal Upload Dokumen Verval PD

Untuk melakukan edit NISN ataupun edit identitas diperlukan dokumen pendukung. Apabila melakukan verifikasi data NISN maka diperlukan dokumen pendukung berupa screen copy NISN dari referensi data NISN atau scan ijazah. Sedangkan untuk edit identitas diperlukan scan kartu keluarga (KK).
Trending  Pembukaan Akses Survei Lingkungan Belajar SMA/MA & SMP/MTs
Terkadang ditemui beberapa masalah saat melakukan verifikasi data dan melakukan upload dokumen pendukung. Kemungkinan masalah yang terjadi adalah sebagai berikut :
  1. Dokumen yang diupload melebihi kapasitas

    Syarat upload dokumen ini bisa terpenuhi apabila indeks kemiripan lebih dari 70%. Dan dokumen scan yang diupload kapasitasnya tidak melebihi dari 1 megabyte (1mb). Solusi dari permasalahan ini adalah melakukan convert file sehingga ukuran file di bawah 1mb.
  2. The file coulld not be writen to disk

    Untuk permasalahan kedua ini terjadi bukan karena kesalah file yang kita upload. Tetapi karena resource penyimpanan di aplikasi verval pd penuh. Kenapa terjadi demikian? Sekarang kita bayangkan dari sekian banyak sekolah yang mengajukan verval harus mengupload dokumen. Berapa dokumen yang diupload kali berapa siswa kali berapa sekolah. Tentunya kapasitas penyimpanan di pusat pun memiliki batasan. Sehingga terkadang terjadi full resource yang menyebabkan file yang kita upload tidak dapat tersimpan. Solusinya adalah dengan menunggu pusat untuk membersihkan reosurce hasil upload sekolah yang sebelumnya sudah melakukan verifikasi. Apabila pusat sudah melakukan cleaning resource dan disk sudah longgar baru kita bisa melakukan upload file. Untuk poin kedua ini yang bisa kita lakukan hanya menunggu dan selalu memantau saat sudah bisa melakukan upload file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *