Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop
Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop

Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop

Satu pertanyaan yang harus kita jawab saat kita punya laptop atau PC baru. Apa sajakah, aplikasi yang wajib ada atau wajib di komputer atau laptop kamu?

Memiliki sebuah perangkat PC atau Laptop baru tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi kamu. Biasanya saat kamu membeli perangkat baru yang sudah tinggal pakai. Akan ada beberapa aplikasi dalam Laptop atau PC yang sudah terinstal dari toko dimana kamu membelinya.

Pada umumnya, akan ada banyak sekali aplikasi yang sudah terinstal saat kita membeli perangkat PC/Laptop baru. Namun belum tentu seluruh program itu akan kita gunakan nantinya.

Tentu ini akan menjadi hal yang membuat PC/Laptop kita terasa berat saat kita jalankan. Karena dengan banyaknya aplikasi akan membuat resource penyimpanan kita berkurang. Apalagi ada beberapa aplikasi yang berjalan saat windows baru kita jalankan, yang akan memakan kinerja RAM kita hingga menjadi lemot.

Pada bahasan kali ini, kita akan ulas secara lengkap program apa saja yang harus kita instal di komputer PC/Laptop. Dengan tujuan agar kinerja perangkat lebih maksimal dan stabil.

Trending : Ciri-Ciri WA Disadap Orang Lain, Kenali Tanda-tandanya

Program Yang Wajib Kita Instal di PC/Laptop

Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop

Sebenarnya, dalam penggunaan aplikasi di komputer atau laptop harus kita seleksi sesuai dengan kebutuhan. Jangan sembarang aplikasi kita instal padahal jarang bahkan tidak pernah kita gunakan.

Sebaiknya cukup instal saja program yang memang kita butuhkan dalam pekerjaan sehari-hari. Selain akan lebih ramping, juga akan membuat kinerja komputer atau laptop lebih optimal.

Berikut ini adalah Program Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop :

Ms Office

Siapa yang tidak mengenal tentang kegunaan microsoft office. Mulai dari kalangan pelajar, guru, pekerja kantoran hingga direktur sudah pasti akan membutuhkan program ini.

Trending  10+ Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Langsung Masuk Ke Rekening

Menjadi urutan pertama program yang mesti ada dalam laptop kamu. Karena hampir seluruh pekerjaan pasti membutuhkan office.

Mahasiswa contohnya, saat akan membuat makalah atau skripsi pasti akan menggunakan Ms Word. Ketika kita akan membuat sebuah data berupa angka dan tabel, pasti akan lebih mudah menggunakan Ms Excel. Seorang pengusaha saat akan mempresentasikan produknya, tentu akan sangat terbantu dengan fitur Ms Powerpoint.

Jadi jelas bahwa MS Office wajib ada dan ter-install di laptop atau PC kamu.

Web Browser

Berikutnya adalah browser, atau aplikasi untuk akses data pada dunia maya. Program ini juga kudu ada pada PC kamu, karena saat kamu akan mencari sebuah informasi melalui internet. Kamu harus menggunakan web browser.

Banyak sekali aplikasi atau program web browser yang bisa kamu install. Seperti, Google Chrome, Mozilla firefox, Opera dan masih banyak lagi.

Adobe PDF / PDF Reader

Untuk beberapa dokumen ada yang berformat PDF. Saat ini sudah sering kita jumpai surat elektronik yang dikirim dalam bentuk PDF.

Dokumen ini tidak bisa kita baca atau buka dengan office saja. Untuk membuka atau membacanya, kita memerlukan PDF Reader. Ada beberapa aplikasi yang mungkin salah satunya bisa kamu instal di komputer atau Laptopmu seperti Adobe PDF, XPS atau Nitro PDF.

Winrar/Winzip

Mengirim sebuah file tentu akan lebih kecil ukurannya apabila terkompresi. Dengan menggunakan winrar kita bisa mengkompres atau memperkecil ukuran beberapa file.

Aplikasi ini tentu juga wajib ada di perangkat kamu. Untuk membuka beberapa file dengan ekstensi rar atau zip.

Antivirus

Yang terakhir adalah antivirus. Para hacker dan orang yang suka usil dengan data, seringkali menyerang komputer atau laptop dengan virus. Untuk keamanan data agar tidak hilang atau terkena virus kamu harus menginstall antivirus.

Trending  Cara Mengganti Foto Profil Spotify di Android dan iOS

Namun dengan berkembangnya operating system, pada beberap OS kiranya juga tidak kita perlukan. Windows 10 misalnya, aplikasi proteksi data (windows defender) sudah sangat ganas untuk membasmi virus di komputer kita.

Namun untuk lebi menjaga keamanan kamu bisa menginstal program antivirus lain. Banyak sekali aplikasi antivirus yang bisa kamu gunakan seperti AVG Internet Security, Kapersky, Avast dan lainnya.

Dengan melakukan seleksi program ini, pasti komputermu akan terasa sangat ringan saat digunakan. Selain itu juga hardismu tidak akan cepat penuh karena program-program yang tidak kita pakai.

Demikian ulasan mengenai Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Atau Laptop. Mungkin ada aplikasi atau program lain yang belum admin sebutkan bisa ditambahkan pada kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *