sidadik mr-ell
sidadik mr-ell

Aplikasi Database Siswa 2021 Sesuai Emis dan Dapodik

Aplikasi Database Siswa
sidadik mr-ell

Aplikasi Database Siswa 2021 – Mengumpulkan sebuah data mungkin terlihat sepele dan mudah. Tentu ini adalah pendapat bagi orang yang belum pernah jadi operator sekolah/madrasah. Ya nggak?

Haha, yang operator langsung panas kuping kalau ada yang kerjaan input data itu gampang.

Data merupakan hal pokok yang menjadi ruhnya pendidikan. Pendidikan tanpa data bagaikan mangkok tanpa bakso, hehe lebay.

Tapi memang benar, sekarang seluruh data siswa itu sudah terintegrasi antara satu aplikasi dengan yang lainnya. Jadi nggak boleh sembarangan isi atau input datanya.

Seluruh data siswa harus valid, agar seluruh proses terkait pendidikan berjalan lancar. Aish kebanyakan teori ya, oke langsung mawon kita ke pembahasan sesuai judul.

Baca Juga : Cetak NISN Online Dengan Foto dan QR Code

SIDADIK Aplikasi Database Siswa 2021 Sesuai Emis dan Dapodik

Sistem Data Pendidikan (SIDADIK), mungin asing buat beberapa temen yang baru mampir di web atau channel youtube mr ell. Tapi untuk beberapa operator mungkin sudah kenal dengan aplikasi ini.

Bahkan yang ane tahu, nggak hanya kawan-kawan dari madrasah saja kok yang sudah pakek. Bro bro yang ada di sekolah juga beberapa sudah menggunakannya.

Inyong bukan orang yang bergelut pada basic IT. Namun karena pengalaman, yang suseh sekali mengumpulkan data siswa yang valid. Akhirnya muncul ide untuk belajar membuat aplikasi ini.

Sekarang bukan zamannya lagi harus buka-buka dokumen kalau mau input data. Seharusnya kita sudah masuk pada masa digitalisasi data.

Ketika kita butuh data, dari mana saja kapan saja asal ada internet ya tinggal buka saja. Ini tujuan awalnya.

Trending  Fitur Baru Elearning Madrasah 4.0.0, Changelog V4

Selain itu, selama saya jadi operator. Untuk membangun data yang terverifikasi sangat susah banget. Jadi semoga dengan adanya aplikasi ini sedikit mencerahkan para pemain IT untuk membuat yang lebih baik.

Baca Juga : Sistem Data Pendidikan 2020

Apa itu SIDADIK

Sidadik, atau sistem data pendidikan adalah sebuah aplikasi database siswa. Yang memuat beberapa data siswa, untuk kebutuhan pengisian data di EMIS ataupun DAPODIK.

Dengan menggunakan aplikasi ini, ane berharap akan membantu kawan opm atau ops untuk membuat dan membangun data yang valid. Tidak hanya valid, bahkan harapannya menjadikan sebuah data yang terverifikasi.

Kenapa sebuah data harus terverifikasi?

Hellooouu . . . manusia itu tak luput dari kesalahan. Seorang operator yang notabene tukang ketik depan laptop atau komputer, pasti juga punya lelah.

Tidak semua data yang diinput mendapat jaminan 100% benar sesuai dokumen. Nah, dengan aplikasi ini siswa bisa langsung cek dan ricek datanya masing-masing.

Baca Juga : Aplikasi Kartu Pelajar Berbasis Excel

Basis Aplikasi Sidadik

Sidadik merupakan aplikasi berbasis PHP, bukan Pemberi Harapan Palsu ya. Kalau kamu mungkin kurang familiar degnan aplikasi PHP searching aja di google banyak yang sudah ngejelasin.

Jadi aplikasi inibisa ente jalankan pada komputer lokal dengan menggunakan xampp atau aplikasi sejenisnya. Bisa juga kamu full onlinekan kalau sudah punya hosting.

Kalau menurut ane sih, rasanya kalau cuma akses di komputer lokal manfaatnya kurang kerasa. Jadi akan lebih baik kalau full online. Jadi siswa bisa isi data atau verifikasi data dari rumah masing-masing.

Trending  Tutorial Mengerjakan Aplikasi CBT TCExam Secara Online dan Offline

Kalau belum punya hosting, bisa intip kemari ya. Lumayan ada diskon up to 75% pakai kode kupon mrell.

Fitur Aplikasi SIDADIK

Sebenarnya sih agak isin ya, dalam bahasa jawanya. Aplikasi ini jauh dari sempurna untuk kita bilang sebagai sebuah software.

Seperti yang sudah ane bilang tadi, kita ni bukan orang IT. Cuma iseng saja, karena pusying pala berbi, mikirin data yang gak bener-bener.

Jurusnya adalah ngarep dot kom Semoga ada ahli IT yang baca ini, dan bisa membuatnya lebih sempurna.

Oke deh, malah curhat. Jadi fitu yang ada di aplikasi ini intinya cuma 2 aja, simpel dan gak ribet (faktor bisanya cuma itu kali haha).

Baca Juga : Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan DAPODIK

Fitur Login Admin

Yang pertama, login admin. Admin atau operator di sini pastinya punya akses penuh ya. Mulai dari tambah siswa, lihat data, hingga merubah data siswa.

Cuma karena keterbatasan, sementara baru ada admin aja, belum ke login wali kelas dan yang lain-lain.

Untuk yang kapasitas jumlah siswa over, sudah ada fitur import pakai form excel kok. Jadi nggak perlu ribet masukin siswa satu-satu.

Selain itu, ada juga fitur export datanya. Jadi kalau semua data siswa sudah terisi dan terverifikasi oleh siswa. Operator bisa export datanya ke excel.

Fitur Login Siswa

Yang kedua, ada fitur login siswa. Jadi siswa juga bisa login sob, untuk ngecek data-datanya. Untuk beberapa field sih kalau saya nggak salah inget cuma readonly.

Trending  Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

Semisal, NIS, NISN, nama dan lain-lain, ada beberapa lah.

Karena untuk data-data pokok tersebut harus kita yang ubah. Alasannya supaya datanya sama dengan vervalpd ataupun emis dan dapodik.

Kalau ada data yang nggak bener, siswa bisa lapor ke operator. Jadi ketahuan mana data pokok siswa yang salah di vervalpd nya.

Dan juga, siswa harus upload dokumen disini, Akte, KK, KIP ataupun ijazah. Supaya kalau kita butuh dokumen itu sewaktu-waktu kita nggak perlu minta-minta lagi ke siswanya.

Baca Juga : Aplikasi Kartu Pelajar PHP, Langsung Foto vi Webcam

Fitur Tambahan

Selain dua fitur yang sudah ane sebut sebelumnya. Dalam aplikasi ini juga sudah ane sisipin beberapa fitur lainnya.

Yang pertama ada fitur mutasi siswa. Ya sebenere, ini nggak penuh sampai keluarin suratnya sih. Karena untuk surat mutasi kan kalau di emis sudah ada. Trus secara resmi nanti yan buat TU juga.

Jadi untuk fitur mutasi, atau ubah status siswa dari aktif menjadi mutasi. Ini cuma sebagai record aja. Supaya kita ada jejak siapa-siapa aja yang sudah mutasi.

Yang kedua adat fitur cetak kartu pelajar dan kartu NISN. Untuk memudahkan saja, kalau sewaktu-waktu mau lomba nggak report nyariin kartu siswa.

Oke gus, sepertinya itu saja pembahasan mengenai Aplikasi Database Siswa 2021. Semoga artikel dan aplikasi ini bermanfaat.

Untuk donwload aplikasi ini, silahkan bisa cek link di bawah ya. Mohon juga kesediaan SUBSCRIBE Channel Mr Ell dan SHARE ARTIKEL INI. Itu ada tombol share di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *