5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PPDB

5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PPDB

Sebentar lagi sudah akan berganti tahun pelajaran yang baru. Tentunya kita harus mempersiapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sebaik-baiknya.

Persiapan perlu dilakukan agar kegiatan tersebut terlaksana dengan efektif dan efisien. Sudah barang pasti ketika hal ini kita siapkan dengan program yang jelas dan terukur.

Tidak mungkin kita akan mendapatkan calon murid yang memenuhi kuota dan berkwalitas, ketika pelaksanaan PPDB kita lakukan dengan asal-asalan. Hal ini untuk memberikan satu keyakinan pada calon pesdik ataupun calon walimurid ketika akan mendaftar sekolah.

Bergantinya tahun ajaran begitupun dengan siswa, tentunya akan ada calon murid yang akan kita jaring dalam pelaksanaan PPDB. 

Berikut 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PPDB

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan PPDB ada beberapa hal yang harus kita persiapakan diantaranya :

1. Petunjuk Teknis Pelaksanaan (Payung Hukum)

Dalam pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru, pastinya kita tidak boleh hanya asal melangkah saja. Harus ada payung hukum yang menaungi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Apabila sekolah anda berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Maka acuan dasar hukum pelaksanaan PPDB mestinya mengacu pada Surat Edaran dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Berbeda hal dengan sekolah yang ada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Mulai dari Raudathul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Maka acuan payung hukum pelaksanaan PSB berdasarkan surat putusan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag.

2. Regulasi Penerimaan

Setelah sudah ada payung hukum tentang pelaksanaan PPDB. Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat aturan regulasi pendaftaran berdasarkan petunjuk teknis yang sudah ada.

Trending  Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021

Intinya regulasi penerimaan ini merupakan petunjuk yang lebih detail tentang kegiatan. Seperti waktunya mulai dari tanggal berapa sampai dengan kapan. Pendaftaran melalui sistem daring (Online) atau luring (offline). Penjelasan terkait kuota penerimaannya. Paparan tentang alur pendaftaran sampai diterima, dan sebagainya.

3. Aplikasi PPDB

Tidak kalah pentingnya dengan komponen sebelumnya. Software atau aplikasi sangat diperlukan dalam rangka pelaksanan kegiatan ini. Kenapa? karena dengan menggunakan program yang pas maka semua proses pendataan calon siswa baru akan berjalan dengan baik.

Entah pelaksaan menggunakan metode online atau offline aplikasi sangat diperlukan. Karena ini akan mendongkrak keyakinan pendaftar untuk masuk ke sekolah kita.

Di samping itu dengan adanya pendataan dan penggunaan aplikasi yang lengkap. Akan membuat sekolah/madrasah memiliki databse siswa mulai sejak awal pendaftaran. Operator sekolah/madrasah tidak perlu lagi untuk menginput data kembali, karena sudah dilakukan sejak awal penerimaan siswa baru.

Kenapa hal ini penting untuk dilakukan? karena tidak sedikit sekolah/madrasah yang saat pendataan siswa entah di dapodik ataupun emis banyak data siswa yag tidak lengkap. Dan berefek pada data yang tidak valid.

Untuk mengatasi hal itu maka aplikasi yang sesuai akan menjadi solusi yang terbaik.

4. Brosur PPDB

Media promosi dalam kegiatan PPDB salah satunya adalah dengan menyebar brosur. Walaupun saat ini sudah sangat banyak sekali sosial media yang bisa digunakan untuk media promosi. Namun keberadaan brosur masih menjadi aspek penting sebagai sarana promosi.

Brosur yang sudah jadi pun bisa kita sebarkan melalui media sosial. Dengan brosur yang menarik tentu akan membuat calon murid tertarik untuk membacanya. Hingga akhirnya mendaftar di sekolah/madrasah kita. 

Trending  Cara Update Portofolio PTK Di Aplikasi Simpatika

5. Spanduk atau Banner PPDB

Di samping menggunakan brosur, pemasangan banner atau spanduk juga tidak kalah penting. Spanduk bisa kita pasang di tempat-tempat pada tempat strategis sekiranya banyak orang berlalu lalang atau berkumpul disitu.

Hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan brosur yang bisa kita cetak atau edarkan. Dengan banner yang cukup besar, memungkinkan banyak orang yang akan membaca promosi PPDB tersebut.

Desain dan tulisan yang menarik tentu akan menjadi poin penting. Ketika spanduk itu menarik, mulai dari gambar, kombinasi warna, dan tulisan maka prosentase orang yang membaca spanduk kita akan lebih tinggi.

Itulah 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum pelaksaaan PPDB. Mungkin kurang jelas atau ada hal yang belum tersampaikan silahkan ditulis di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *