Cara Jadi Youtuber Sukses (Dari Pemula Hingga Profesional)

Sudah menjadi fakta saat ini, banyak sekali orang yang menjadikan Youtuber menjadi pekerjaan utama mereka. Tidak sedikit contoh sukses yang sudah diraih dengan profesi ini.

Atta Halilintar, Ria Ricis atau Raffi Ahmad contohnya. Ketiga artis Indonesia ini cukup sukses di dunia peryoutub-an. Mereka bisa meraup puluhan bahkan ratusan juta hanya melalui platform online video ini.

Mungkin kamu tertarik? Menjadi Youtuber yang Sukses !!!

Dalam bahasan kali ini, berbagi tutorial akan uraikan secara gamblang cara lengkap menjadi seorang Youtuber bagi pemula. Dan tidak hanya itu, tentunya juga dengan tips dan trik yang akan membuat channelmu semakin berkembang.

Tips Untuk Youtuber Pemula Hingga Sukses

Langkah menjadi youtuber profesional dan sukses bagi pemula :

  1. Pilih Nama Channel Yang Menarik dan Kreatif
  2. Buat Konten Berdasarkan Passion
  3. Tentukan Niche Channel
  4. Ciptakan Karya Yang Orisinil
  5. Kemas Channel Semenarik Mungkin
  6. Kuantitas dan Kualitas Video
  7. Siapkan Peralatan
  8. Rancang Video Yang Menarik
  9. Temukan Ciri Khasmu
  10. Gabung Dengan Komunitas Youtuber
  11. Interaksi Dengan Penonton
  12. Promosi Melalui Media Sosial
  13. Coba Untuk Kolarborasi
  14. Gunakan Metadata Yang SEO
  15. Jadi Dirimu Sendiri
  16. Tekun dan Jangan Mudah Menyerah
  17. Lakukan Analisa
  18. Nikmati Prosesnya

Oke, mungkin tidak cukup hanya poin-poin di atas. Tentunya akan kami jelaskan kepada Anda secara lebih rinci. Simak Selengkapnya!

Cara Jadi Youtuber Sukses (Dari Pemula Hingga Profesional)

1. Pilih Nama Channel Yang Menarik dan Kreatif

Mengapa hal ini penting? Tentu saja, karena nama channel ini akan menemani long journey Anda dalan dunia Youtube. Nama Channel yang akan selalu diingat oleh penonton kita.

Nama channel ini menjadi identitas yang mewakili setiap video Anda. Maka saran saya, buat nama nama channel yang menarik dan sekreatif mungkin. Mudah diingat, dan menunjukkan identitas channel Anda.

Tips Memilih Nama Channel Youtube

  • Tentukan Kategori Channel
    - Perorangan
    - Merk
    - Lembaga
    - Komunitas
    - Atau lainnya
  • Nama harus sesuai dengan bahasan video
  • Memiliki keunikan
  • Gampang diingat
  • Jangan karakter unik
    Biasanya channel dengan menggunakan karakter unik akan lebih sulit dicari. Contoh  karakter unik misalnya @, | , ", ' ayau yang lainnya. Jadi cukup gunakan huruf saja
  • Pastikan mudah di eja

2. Buat Konten Berdasarkan Passion

Jangan membuat video karena sesuatu yang sedang trend. Maka, anda akan cepat bosan dengan hal itu. Buatlah video berdasarkan hasrat Anda.

Satu contoh, kita orang yang hobi bermain sepakbola. Terkadang hujanpun kita tetap bermain bola. Kenapa? karena itu passion kita. Jika Anda melakukan sesuatu karena gairah diri, kita akan menikmati prosesnya dan tidak ada kata bosan.

3. Tentukan Niche Channel

Apa itu Niche Channel? Niche adalah pokok bahasan atau fokus atau topik video yang anda buat. Ada banyak contoh topik bahasan di dunia youtube. Misalnya, channel tentang game, hiburan, berita, vlog, music, education dan lain-lain.

Sebaiknya pilih niche yang ramai di dunia youtube. Namun tetap jangan melupakan Passion.

Niche Channel Youtube Populer

Ada banyak contoh niche atau topik bahasan channel, misalnya tutorial. Tutorial ini saja bisa terbagi lagi dalam beberapa niche. Tutorial masak, tutorial makeup, tutorial pendidikan, dan tutorial lainnya.

Berikut adalah bahasan yang laris di youtube Indoneisa

  • Vlog
  • Gaming
  • Teknologi
  • Riview Film
  • Riview Produk
  • Prank
  • Challenge
  • Video Cerita
  • Komedi

4. Ciptakan Karya Yang Orisinil

Apakah ada sesuatu yang belum ada di youtube? Saya kira semua hal sudah ada di youtube. Jadi apa yang dimaksud dengan karya yang orisinil?

Bukan berarti harus berbeda topik dan bahasan, bukan ini yang dimaksud. Arti dari karya orisinil adalah buat video anda sendiri. Jangan mengunduh video orang lalu kita re-upload atau upload ulang.

5. Kemas Channel Semenarik Mungkin

Ketika Anda berkunjung ke sesuatu tempat. Kesan pertama yang muncul adalah berdasarkan apa yang dilihat. Apakah itu indah, menarik, cantik, ataupun kesal yang lainnya.

Dari analogi di atas, tentunya jika kita ingin pengunjung memiliki kesan baik saat berkunjung ke channel kita. Buatlah sebuah banner yang menarik, isi informasi yang diperlukan dalam saluran Anda.

Anda bisa membuat banner ini dengan beragam aplikasi. Bisa menggunakan laptop bahkan di android sekalipun. Jadi bukan alasan anda tidak memiliki banner youtube keren saat ini.

6. Kuantitas dan Kualitas Video

Mana yang lebih penting?

  • Membuat video yang berkualitas namun mengurangi kuantitas?
  • Atau lebih banyak upload video dengan mengurangi kualitas?

Jawabannya adalah dua-duanya penting. Rajinlah upload video secara terjadwal dengan tidak mengurangi kualitas. Jangan membiarkan penonton kita kabur, karena kita malas upload video. Dan jangan membuat subscriber beralih saluran karena kita upload video yang asal-asalan.

Cara Membuat Kualitas Video Youtube Bagus

  • Rekam video dengan kualitas terbaik
  • Gunakan aplikasi editing video yang tepat
  • Pelajari cara menggunakannya
  • Gunakan effek animasi dan suara
  • Render/Export dengan kualitas HD

7. Siapkan Peralatan

Perangkat apa saja yang Anda butuhkan, tentunya bergantung pada niche yang anda pilih. Andai saluran channel anda tentang riview HP misalnya, seperti channel Gadgedtin. Tentu kita membutuhkan alat rekam, namun untuk mengawalinya kita bisa menggunakan HP yang kita miliki.

Misalkan saluran kita tentang tutorial aplikasi/pendidikan, cukup siapkan laptop mic dan webcam jika diperlukan. 

Intinya siapkan alat seperlunya, yang Anda butuhkan untuk membuat video.

8. Rancang Video Yang Menarik

Kenapa penonton ingin berlama-lama melihat video Anda? Jawabannya adalah seberapa menarik video Anda. Entah dari sisi visual, audio atau konten yang disampaikan.

Kualitas video akan menentukan seberapa betah orang mampir dan melihat video kita. Semakin gambar video kita baik, audio jernih dan jelas serta konten yang informatif dan bermanfaat, dijamin penonton akan betah melihat video Anda.

Dalam hal ini tentunya kita harus belajar bagaimana menyampaikan materi. Bagaimana cara melakukan editing video dan audio. Sehingga mampu menghasilkan kualitas video yang menarik dan memiliki value lebih.

9. Temukan Ciri Khasmu

Ciri khas akan menentukan seberapa Anda diingat oleh penonton. Manakala kita terjun di dunia youtube, maka kita akan bersaing dengan jutaan channel lainnya. Ketika kita tidak memiliki ciri khas yang dikenali oleh orang lain, maka channel Anda akan mudah dilupakan orang.

Ini berarti tidak hanya cukup dengan topik bahasan channel spesifik yang dibutuhkan. Namun, kita harus memiliki ciri khas yang menjadi gaya kita, bahasa kita, atau kekhususan yang hanya Anda miliki.

10. Gabung Dengan Komunitas Youtuber

Satu hal yang mungkni dilupakan para youtuber pemula adalah sharing dengan youtuber lain. Kenapa ini menjadi penting? Tentu saja, dengan melakukan hangout dengan sesama youtuber. Kita akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih. Akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas youtuber. Entah melalui media sosial ataupun secara langsung bergabung dengan komunitas di kotamu.

11. Interaksi Dengan Penonton

Bangun hubungan yang dekat dengan subscriber. Karena merekalah yang membuat channelmu semakin berkembang. Jawab pertanyaan-pertanyaannya melalui kolom komentar.

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun penonton akan senang ketika kita membalas komentarya. Jangan ragu untuk memberikan like dan hati pada komentar mereka.

12. Promosi melalui Media Sosial

Beda cerita dengan artis yang sudah terkenal lebih dulu. Tanpa perlu promosi tentu orang sudah akan mengejar berita tentang mereka.

Sedangkan kita, bukan siapa-siapa dan belum banyak orang yang kenal. Maka media sosial akan menjadi alat tepat untuk memperkenalkan saluran Anda.

Gabung di grup whatsapp, facebook, telegram yang sesuai dengan niche Anda. Lalu mulailah memperkenalkan keberadaan saluran Anda. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai melakukan SPAM, karena orang lama-lama akan benci juga dengan kita.

13. Coba Untuk Kolaborasi

Untuk memperluas promosi, Anda juga bisa menggunakan cara kolaborasi dengan youtuber lain yang satu niche. Dengan begitu penonton akan mengenal teman kolabs anda begitupun sebaliknya.

Tidak ada salahnya melakukan hal ini. Karena, kita juga sudah sering melihat para youtuber papan atas melakukan hal ini.

14. Gunakan Metadata Yang SEO

Buatlah video yang memiliki judul, deskripsi dan tag yang tepat. Karena mereka akan berkontribusi untuk meningkatkan peringkat video Anda di youtube.

Cara Tepat Menentukan Judul Youtube

  • Gunakan Keywords
  • Menginformasikan isi video
  • Memunculkan gairah untuk menonton
  • Jangan membuat judul yang bebeda dengan konten

Cara Menulis deskripsi Youtube yang benar

  • Masukkan Judul dalam deskripsi Anda
  • Isi penjelasan singkat video Anda
  • Informasi Sosial Media
  • Tulis link terkait
  • Masukkan hastag pada bagian awal dan akhir deskripsi

Cara Menulis Tag Youtube Meningkatkan SEO Video

  • Gunakan aplikasi pencari tag (Tubbebuddy/keywordtool io/related keyword)
  • Tulis maksimal 500 karakter
  • gunakan tag panjang dan pendek
  • Tulis judul di dalam tag video

15. Jadi Dirimu Sendiri

Jangan terpana dan ingin beralih topik bahasan. Setiap penjual memiliki pasarnya masing-masing. Jadi usahakan tetap menjadi diri sendiri dan bukan meniru gaya, isi atau konten orang lain.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot berakting di depan kamera saat membuat video. Tidak perlu pusing untuk mengatur nada dan pola bicara.

Dan pastinya hal ini akan lebih orisinil serta meningkatkan originalitas video Anda.

16. Tekun dan Jangan Mudah Menyerah

Saat artikel ini saya tulis, youtube mensyaratkan untuk monetisasi channel memerlukan minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Hal akan terasa berat bagi youtuber pemula.

Kuncinya  "Jangan Mudah Menyerah", yakinlah semua akan indah pada waktunya.

Terus buat karya dan video-video yang menarik. Yang memberikan informasi bagi orang lain. Jangan melihat ke atas, para youtuber yang sudah sukses sehingga menjadikan kita patah semangat.

Tapi, jadikan mereka GOAL yang memacu semangat kita. Kalau mereka bisa kenapa kita tidak?

17. Lakukan Analisa

Ini mungkin yang tidak dilakukan kebanyakan youtuber pemula. Yaitu melakukan analisa terhadap channelnya.

Kita harus jeli dan teliti melihat perkembangan saluran kita. Dengan begitu, Anda akan memiliki cara yang tepat efektif dan efisien untuk mengembangkan channel.

18. Nikmati Prosesnya

Dalam mengarungi bahtera peryoutuban, tentu akan banyak sekali pengalaman-pengalaman yang sebelumnya tidak pernah kita dapatkan. Mulai dari belajar edit video, mebuat konsep video, merekam gambar hingga penat bingung menentukan konten selanjutnya.

Nah kalau Anda sudah memilih channel sesuai dengan passionmu. Tinggal nikmati saja prosesnya.

Mulai dari 0 subscriber hingga sukses monetisasi, bahkan bisa meraup jutaan rupiah dari youtube. Jadi keep enjoy dalam melakukan profesimu sebagai youtuber. Banyak kok, orang yang mengalami hal yang sama.

Jaga mod, tetap semangat dan selalu melihat kedepan.