Pengenalan Bagian-Bagian Dasar Excel

Pengenalan Bagian-Bagian Dasar Excel

Seperti microsoft word yang mempunyai banyak bagian - bagian, microfost Excel sebagai software pengolah angka tidak berbeda juga. Dan ini perlu kita dalami sebagai langkah pertama belajar software microsoft excel lebih dalam kembali. Kesempatan ini Berbagi Tutorial menyengaja ingin mengulas mengenai bagian sisi microsoft excel dan perannya yang tersering dipakai, yok baca secara lengkap.

Perlu kita tahu, sebelum kita menggunakan aplikasi ini kita perlu mengenal tampilan lembar kerja nya terlebih dahulu. Seperti bagaimana cara membuka? apa itu formula bar? apa itu layout formulas data review? dan sebagainya.

Sebelumnya kita sudah mempelajari Pengertian Excel, Fungsi dan Manfaatnya. Pada artikel ini akan kita pelajari secara detail mencakup menu menu yang ada pada excel, seperti file home insert page dan sebagainya.

Microsoft Excel dan Word adalah bagian dari Software Microsoft Office yang terbanyak dipakai untuk program perkantoran, sebagai page layout formulas data dan menyediakan beragam tool. Microsoft Excel sendiri mempunyai peranan sebagai pengolah angka, alat kalkulasi, dan semacamnya. Pada aplikasinya, kita dapat memakai piranti lunak ini untuk bermacam kepentingan perhitungan mulai dari akutansi landasan sampai peranan makro yang susah. Terdapat menu yang menyediakan beragam fungsi serta kemanfaatan.

Tetapi, untuk sampai pada pengetahuan itu, landasan - landasan microsoft excel perlu kita dalami dulu. Diantaranya yang paling landasan ialah mengenali bagian - bagian atau menu - menu yang ada dalam software ini dan perannya pada umumnya dan digunakan untuk apa. Ini supaya kita memperoleh kisah real mengenai peranan menu yang akan kita pakai nanti.

Tak perlu berlama - lama kembali, saat ini langsung kita awali dari helai kerja microsoft excel. Untuk buka software ini, anda cukup click 2x dari shortcut yang berada di monitor desktop anda. Atau juga bisa dari start menu. Saya pikir anda semuanya sudah ketahuinya, jadi tak perlu diulas di sini.

Bagian - Bagian Microsoft Excel Dan Perannya

Pengenalan Bagian-Bagian Dasar Excel

Microsoft Excel terbagi dalam bermacam jenis bagian, termasuk menu - menu dan helai kerja yang berbentuk blok - blok. Untuk lebih detilnya langsung kita saksikan secara lengkap di bawah ini.

Blok - blok tersebut dinamai dengan istilah sel. Sel berada pada kolo dan baris, lebih rincinya pertemuan antara colom dan row. sel berada pada kolom dan baris tertentu.

Nah, itu penampilan helai kerja Microsoft excel. Baik di office seri 2003 sampai 2016 penampilannya tidak berbeda jauh. Jika yang saya screenshot di atas penampilan Microsoft Excel 2010. Berikut nama bagian - bagian menu yang ada pada Excel 2010.

  • Name Box
  • Formulasi Bar
  • Menu bar (taskbar menu)
  • Nama kolom
  • Title Bar (nama file)
  • Ribound menu
  • Daftar sheet
  • Quick menu zoom dan lay-out
  • Nama Baris

Saat ini silahkan kita bahas satu-satu peranan atau menu yang ada di Microsoft Excel yang telah kita sebut di atas.

1. Name Box

Name Box atau kita definisikan dalam Bahasa Indonesia nama kotak. Di Excel kita ketahui helai kerja terbagi dalam kotak - kotak atau blok. Dan masing - masing kotak ini mempunyai nama sesuai tempatnya.

Status yakni kordinat di antara nama kolom dan nama baris. Jika kotak atau blok yang kita sorot dengan cursor pada kolom A dan pada baris ke-1 maka Terlihat pada Name Box tercatat A1 yang berarti sel (A1), dan sebagainya.

2. Formulasi Bar

Di samping kolom "Name Box" ada kolom yang tertulis Fx. Bagian Microsoft Excel ini disebutkan dengan formulasi bar. Jika kita lihat ini ialah isi dalam kotak - kotak pada helai kerja Mcrosoft Excel.

Bila tidak ada didalamnya atau kosong. Karena itu kolom ini akan kosong. Saat dalam box berisi satu kesamaan (rumus excel) atau apa karena itu dengan jelas akan terlihat pada bagian itu.

3. Menu Bar

Seperti dalam software Ofice yang lain, pada Microsoft Excel ada menu Bar yang berisi beberapa menu khusus di mana menu - menu ini mengepalai banyak menu yang lain diperlengkapi dengan ikon - ikon untuk mempermudah pemakaian. Jika kita lihat menu bari ini biasanya terbagi dalam beberapa jenis. Di Office 2010 seperti gambar di atas, ada banyak menu bar salah satunya :

  • File - Berperan untuk terhubung file pada umumnya, seperti Add New File, Open File, Save File dan lain semacamnya.
  • Home - Berisi penataan keseluruhannya yang tersering dijangkau seperti, mengendalikan tipe huruf, ukuran, status tex (kana, tengah, kiri, kanan -kiri) dan lain-lain.
  • Insert - Menu ini berperan untuk menginput atau membuat object seperti Chart (diagram), tabel, Insert Shape , Picture dan lain-lain.
  • Page Lay-out - Gampangnya untuk mengendalikan penampilan halaman termasuk mengendalikan dan pilih ukuran kertas yang akan dipakai
  • Formulasi - Berisi semua formulasi - formulasi (rumus) yang ada pada Excel dimulai dari penjumlahan sampai peranan macro yang cukup susah.
  • Data - Menu ini berperan untuk mengendalikan data yang ada pada box sebagaimana untuk short data, filter, remove duplikasi dan lain-lain.
  • Ulasan - Berperan untuk keperluan Ulasan seperti check spelling, masukkan tanggapan dan yang lain
  • View - Menu ini kita akses saat kita berniat akan munculkan (aktifkan) menu yang lain belum aktif di helai kerja kita seperti peranan Freeze halaman, munculkan menu macros, dan yang lain.

Ada beberapa menu bar di dalam excel, diantaranya home insert page layout data review dan view insert page layout formulas dan sebagainya. Menu Bar ini tidak kita ulas selengkapnya kesempatan ini, jadi nantikan di ulasan seterusnya ya.

4. Column Name

Bagian Microsoft excel ini adalah nama kolom. Yakni inisial berbentuk huruf yang alfabet berurut mulai dari A sampai Z selanjutnya diteruskan dengan 2 angka AA, AB dan sebagainya. Ini adalah status box (kotak) yang diwakilkan oleh kolom. Mirip contoh di atas jika saat kita click pada kotak di kolom pertama (A) dan bars ke - 1, karena itu status kotak (Box) itu yakni A1 -> nampak pada Name Box

5. Title Bar

Baris judul yang memberikan nama file. Nama ini kita beri saat kita simpan file itu dalam computer. Seperti software Office lainnya, pada Excel ada title bar yang memperlihatkan nama file.

6. Ribbon Menu

Bagian Microsoft Excel seterusnya yakni ikon - ikon yang ada di bawah Menu Bar saat kita mengklik atau terhubung salah satunya. Misalnya saat kita akan mengendalikan ukuran kertas. Untuk terhubung menu itu, pertama kita click Menu Bar lebih dahulu. Menu - menu ini tergabung sesuai menu induknya dalam menu bar.

7. Sheet

Berlainan dengan software pengolah kata (Microsoft word), helaian kerja Microsoft Excel dibikin ber sheet. Masing - masing Sheet terbagi dalam banyak helai. Kita dapat menambah sheet sesuai keperluan kita.

Jadi kadang untuk membuat beberapa proyek, kita cukup memakai satu file saja yang berisikan banyak Sheet barusan. Sheet ini ada pada bagian bawah helai kerja Excel.

8. Zoom dan Lay-out

Selanjutnya yakni quick menu yang berperan untuk mempermudah kita dalam terhubung Zoom. Yakni membesarkan penampilan ukuran kertas supaya memudahkan dalam bekerja. Disamping itu di sampingnya sedikit terdapat penataan lay-out penampilan. Bagian ini ada pada sudut kanan bawah helai kerja Microsoft Excel.

9. Line Name (Nama Baris)

Semestinya ini kita ulas di saat mengulas nama kolom, tetapi karena gambar yang saya bikin sudah terburu begitu sehingga kita ulas di no 9. Tidak jadi masalah, jika pada Office word baris tidak dengan nomor sedang pada Excel baris dikasih nomor urut berbentuk angka. Seperti telah kita sampaikan di atas, baris ini terkait bernama kolom yang nanti akan dipakai untuk memberikan nama status cursor aktif yang tampil pada Name Box.

10. Scroll Bar

Bagian Microsoft Excel ini menyengaja tidak saya berikan tanda pada gambar di atas karena saya merasa tidak cuman di software Excel saja, bahkan juga nyaris di semua software ada bagian ini. Scroll bar pada Excel terdiri dari 2 bagian, bagian samping dan bagian bawah. Dari sisi berperan untuk meningkatkan dan turunkan kertas, sedang dari sisi untuk geser ke kiri dan ke kanan.


Nah itu sedikit ulasan landasan tutorial excel dasar saat sebelum kita belajar lebih dalam mengenai materi microsoft excel yang perlu. Mudah-mudahan, apa yang telah kita dalami ini mengenai bagian - bagian microsoft excel bisa berguna dan membuat kita lebih gampang dalam kuasai software ini. Demikian, mudah-mudahan berguna!