Tutorial Mengubah Angka Menjadi Huruf (Fungsi Terbilang) Ms. Excel

Tutorial Mengubah Angka Menjadi Huruf (Fungsi Terbilang) Ms. Excel - Apakah kamu pernah menggunakan fungsi excel ngrubah sebuah nominal angka menjadi huruf (kalimat) atau terbilang di dalam aplikasi ms. excel? Atau mungkin kamu sekarang ini sedang sibuk searching di google menjadi tips dan tutorial yang simpel, padat, jelas dan berisi tentang bagaimana mengubah sebuah angka menjadi huruf atau terbilang?

Yoshhh . . . kamu menemukan blog yang tepat untuk belajar hal tersebut. Mungkin kamu sudah mencari di sana sini tentang tips, trik atau panduan bagaimana metode ngrubah angka jadi huruf (terbilang) dalam ms. excell.... Fungsi atau rumus ini biasanya sangat kamu butuhkan untuk membuat kuwitansi, laporan pertanggung jawaban, bukti penerimaan atau pun pengeluaran.

Di dalam pembuatan kuitansi, atau laporan pertanggung jawaban keuangan akan diperlukan fungsi atau rumus ini. Sebagai satu contoh mengubah angka/nominal rupiah Rp. 100.000,- menjadi Seratus Ribu Rupiah.

Tentunya dalam suatu skala pekerjaan yang padat serta menumpuk, kita harus memperhitungkan ketepatan durasi serta daya. Apabila sebagai pengelola keuangan yang tak jarang butuh durasi yang panjang melakukan hal tersebut, maka cara ini akan menjadi solusi jitu tanpa harus mengetik satu-satu.

Kenapa bisa seperti itu? Karena saat kita hanya cukup menuliskan sebuah angka saja, maka secara otomatis fungsi terbilang akan menampilkan kalimat / terbilang dari angka tersebut. Di samping sangat memangkas waktu kerja kamu, cara ini juga akan meminimalisir jari-jari kita yang salah dalam mengetik huruf terbilang tersebut. Intinya akan sangat berguna lah bagi para bendahara-bendahara khususnya.

Yosh . . . sebelum melangkah lebih jauh kamu mempelajari cara ini, alangkah baiknya siapkan kopi panas dulu. Supaya nggak ngantuk dan bisa memahami step by stepnya.

Tutorial Mengubah Angka Menjadi Huruf (Fungsi Terbilang) Ms. Excel

Secara umum ada 2 cara yang dapat kamu pergunakan untuk dapat mengkonversi angka menjadi sebuah kalimat/huruf (terbilang) di dalam ms excel, yaitu :

  • Cara pertama dengan menggunakan bantuan add-in terbilang ms. excel yang sudah banyak beredar.
  • Cara kedua adalah dengan memanfaatkan fungsi/rumus terbilang secara manual (nggak otomatis kek cara yang pertama).


Karena menurut mimin cara yang kedua amat rempong jadi pada kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas cara yang awal saja. Dan saya kira kalian juga akan lebih mudah apabila menggunakan cara tersebut.


Membuat rumus terbilang, mengubah angka atau nominal menjadi huruf/kalimat menggunakan add-in


Memakai metode terhitung melalui add- in ini, dapat dibilang amat berlainan ataupun tidak serupa semacam metode fungsi ataupun guna ms. excel angka yang lain. Semacam halnya SUM untuk menjumlahkan, AVERAGE untuk menghitung rerata, serta lain-lain. Terlebih lagi bahasa dasar yang dipergunakan dalam aplikasi Ms. Excel kan English bro, bukan kaleng-kaleng. Sedangkan kita akan mengubah angka atau nominal dengan bahasa indo, itulah fungsi add-in di sini.


Apa sih add-in itu?

Add-in itu file tambahan yang berisi kode-kode VBA tertentu. Gunanya untuk memuat fitur tambahan ke dalam Ms. Excel. Salah satunya adalah metode atau rumus terbilang.


Sebagai permulaan, kalian wajib memadamkan security macro yang berada di dalam Ms. Excel. Bingung caranya? Don't Worry bro hendak aku jelaskan caranya berikut ini :

  • Number uno, buka dahulu aplikasi Ms. Excel kalian. Seterah ingin Office tipe berapa yang terdapat di pc ataupun laptop kalian.

    Tutorial terbilang

  • Lalu, klik pada pilihan menu atau file. Biasanya terletak di bagian kiri atas. Karena tiap versi excel emang berbeda-beda sih, jadi cari dan jlimeti (dalam bahasa jawa) pasti ketemu. Lalu klik pada menu Options.

    Tutorial Terbilang

  • Pada Jendela Excel Options... pilih > Trust Center..... > Trust Center Settings.....

    Tutorial Terbilang

  • Pada Jendela Trust Center > klik Macro Setting..... > Enable All Macros.....

    Tutorial Terbilang

  • Selesai tinggal klik OK OK saja


Tahap Ke-2 ialah melakukan instalasi bisa juga disebut memanggil Add-in Ms. Excel, step dan langkahnya sebagai berikut :

  • Unduh dulu file bahanya > http://www.mediafire.com/file/u9e1kfzdute8gmr/terbilang.xlam/file
    Jangan lupa simpan di tempat yang aman dan mudah mencarinya ya. Kalau kamu punya aplikasi Internet Download Manager paling kesimpen di folder download. Saran saya setelah file itu terdownload taruh di dalam pastisi penyimpanan D atau E, pokoknya janan di drive C. Kasih nama folder yang jelas dan terbaca.

    Ekstensi add-ins yang sudah kamu unduh jangan dipindah apalagi dihapus dari tempat penyimpanan awalnya setelah dipanggil atau dilakukan instalasi.

  • Setelah terunduh dan disimpan ditempat yang aman. Tahapan selanjutnya lakukan seperti urutan yang ada pada gambar di bawah ini :

    Tutorial Terbilang

  • Lalu panggil file ekstensi add-in yang tadi kamu simpan...

    Tutorial Terbilang


Step ke-3, implementasi metode terbilang ms. Excel dengan menggunakan Add-in. Nah inilah triknya :

  • Satu contoh tulis atau ketik nilai di sel mana saja, kita ambil contoh di sel C1. Ketik nilai 9999999 misalnya.

    Tutorial Terbilang

  • Setelah itu kita akan melakukan implementasi terbilangnya pada sel D1. Di dalam sel D1 kamu cukup menuliskan atau memanggil fungsi terbilangnya dengan cara ketik =terbilang(C1) kemudian pejet tombol enter. Secara otomatis hasil yang ditampilkan dari fungsi tadi pasti akan bertuliskan “Sembilan juta Sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan”.

    Tutorial Terbilang

  • Jika nilai itu berbentuk nominal duit hingga butuh ditambahkan dengan cara buku petunjuk buat penyusunan mata uangnya. Contoh dalam wujud mata duit rupiah, tambahkan rumus seperti berikut ini =terbilang(C1)&”rupiah”. Hasilnya pasti bakal berisi “Sembilan juta Sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah”.

    Tutorial Terbilang

  • Dapat pula ditambah dengan campuran metode text LOWER, UPPER atau PROPER. Seperti contoh di bawah ini...

    Tutorial Terbilang


Kesimpulannya : Metode yang pertama ini cuma bisa dipakai pada perangkat yang memang sebelumnya telah terpasang add_in terbilang Ms. Excell. Atau apabila kalian ingin memakai  metode yang pertama ini maka wajib melakukan panduan di atas.


Mudah-mudahan sedikit coretan ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa Share ya dan selalu pantau blog Mr. Ell untuk dapatkan ilmu-ilmu menarik lainnya. Terima kasih