Kumpulan Contoh RPP Satu Lembar SD/MI Tahun 2021

Kumpulan RPP Satu Lembar SD/MI Tahun 2021


Kumpulan Contoh RPP Satu Lembar SD/MI Tahun 2021 - Apakah anda seorang pendidik atau guru? Apakah anda sedang mencari referensi RPP satu lembar untuk tahun 2021? Anda menuju ke blog yang tepat. Karena pada kesempatan ini berbagi tutorial akan menyampaikan beberapa hal terkait sesuatu yang saat ini sedang anda cari.

Hallo kawan-kawan semuanya, kesempatan ini berbagi tutorial akan bagikan RPP Satu Lembar SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Terbaru Tahun 2021, Silahkan kawan-kawan download di bawah ini. Namun sebelum menuju tekape, alangkah baiknya jika kalian membaca terlebiih dahulu lentikan jari-jari yang sudah menulis sekian panjang artikel ini.

RPP  merupakan sebagai salah satu dari elemen administrasi evaluasi yang harus dipunyai pendidik. RPP ialah gagasan aktivitas belajar bertatap wajah untuk 1 pertemuan ataupun lebih. RPP diciptakan berdasarkan silabus guna arahkan aktivitas belajar peserta didik atau murid dalam usaha menggapai KD. RPP memvisualisasikan mekanisme serta pengaturan evaluasi dalam menggapai satu KD yang diputuskan dalam KI serta diperinci lebih serta mendetail dalam silabus.

Contoh RPP satu lembar SD/MI Tahun 2021


Seorang guru tentunya wajib memiliki perencanaan yang matang guna menjalankan aktifitas pembelajaran di dalam kelas. Perencaan inilah yang disebut dengan RPP atau Rencana Perangkat Pembelajaran. RPP menjadi acuan bagi seluruh yang akan masuk ke dalam kelas untuk menyelenggarakan pembelajaran.

Jauh sebelum artikel ini ditulis oleh berbagi tutorial, Bapak MENDIKBUD Nadiem A Makariem sudah mengeluarkan keputusan yang berisi tentang penyederhanaan RPP. Konsep yang diambil dari keluarnya surat tersebut adalah RPP satu lembar ini tidak menghilangkan esensi pembelajaran. Justru dengannya diharapkan seluruh pendidik di tanah air mampu menyelenggarakan pembelajaran yang lebih efektif dan menyasar penuh kepada murid.

Kaidah penulisan RPP satu lembar 


Dalam kaidah penulisan RPP satu lembar ini tidak lantas menghilangkan dasar fundamental dari pembelajaran. Justru seorang guru harus lebih memaknai RPP satu lembar dengan melakukan persiapan menyelenggarakan pembelajaran. Menetukan bakat dan minat peserta didik.

Salah satu sebab dan alasan kenapa terbitnya surat edaran itu yakni karena selama ini guru memang seakan hanya selalu disibukkan dengan urusan administrai untuk menyiapkan rencana pembelajaran. Sehingga terkesan tugas utama seorang figur pendidik yang seharusnya lebih mempersiapkan pembelajaran jadi berkurang. Waktu banyak dihabiskan untuk detail pelajaran dalam bentuk dokumen bukan kerja nyata.

Jelas tersebut dalam ikhtisar edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 Tahun 2019 yang menjadi inti surat tersebut. Yaitu penyederhanaan RPP menjadi satu lembar. Jauh berbeda dengan peraturan Mendikbud No. 22 Tahun 2016. Terdapat tiga belas (13) komponen RPP yang harus dipersiapkan oleh guru dalam menyelenggarakan pembelajaran di dalam kelas.

Melalui penyederhaan RPP satu lembar ini guru betul-betul diharapkan kualitasnya sebagai pengajar. Guru dituntut agar bisa membentuk, mengembangkan, mengeksplorasi lebih dalam pembelajaran di dalam kelas dengan penerapan konsep dasar efektifitas, efisiensi, dan menyasar pada peserta didik.
Terdapat tiga (3) komponen utama dalam penyederhanaan RPP satu lembar ini, yakni tujuan atau arah pembelajaran, proses atau aktifitas pembelajaran, serta evaluasi atau penilaian pembelajaran (assesmen).

A. Tujuan atau arah pembelajaran

Arah kegiatan belajar mengajar dipersiapkan dengan mengacu pada Kurikulum 2013 (K13) serta keperluan pembelajaran murid atau peserta didik. Tujuan pembelajaran memvisualisasikan proses serta output pembelajaran yang ingin digapai oleh peserta didik sesuai dengan Kompetesi Dasar (KD)

B. Proses atau aktifitas pembelajaran

Walau evaluasi dibuat sesederhana mungkin, secara lebih efisien. Dalam pelaksanaannya proses pembelajaran murid dituntut untuk dapat berperan aktif. Seorang guru harus memberi ruang kepada seluruh murid untuk lebih kreatif. Sehingga murid dapat lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya. Guru juga harus mempertimbangkan minat, perubahan fisik dan psikis seluruh siswanya.

C. Evaluasi atau penilaian pembelajaran (assesmen)

Berbeda dengan peraturan mendikbud no. 22 tahun 2016. Dalam RPP satu lembar ini penilaian pembelajaran disusun lebih sederhana akan tetapi masih dalam koridor indikator pencapaian kompetensi dan merujuk pada standar penilaian.
Efek yang begitu besar muncul ketika manakala kebijakan RPP satu lembar ini digulirkan, terutama pada kuantitas kertas yang dipergunakan untuk mencetak RPP ini. Yang dulu RPP mungkin harus di print dengan menggunakan puluhan bahkan ratusan kertas. Saat ini cukup satu helai saja untuk mencetak RPP satu lembar ini.
 

Apakah RPP satu lembar mengubah esensi dari RPP yang ada sebelumnya?


Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui RPP satu lembar ini tidak bermaksud untuk mengganti esensi dari RPP yang ada sebelumnya. Bukan berarti dengan RPP satu lembar ini lantas meniadakan pokok-pokok yang ada pada RPP terdahulu. Namun kalimat penyederhaan RPP ini lebih dari meringkas sebuah konsep pembelajaran menjadi lebih terorientasi pada murid. Lebih mengedepankan sisi efisiensi dan efektifitas dari segala hal.
Secara garis besar dalam RPP satu lembar ini guru diperbolehkan untuk melakukan inovasi, pengembangan terhadap konsep RPP yang terdahulu. Namun tidak lepas dari konteks yang sesuai dengan aturan-aturan terbaru dalam pembuatan RPP yakni singkat, sederhana, berorientasi pada murid serta lebih efisien dan efektif.
 

Bagaimana konsep pembuatan RPP satu lembar ini?


Untuk para pembaca setia berbagi tutorial, tidak perlu khawatir karena berbagi tutorial akan memberikan contoh RPP satu lembar yang bisa teman-teman download di artikel ini. Yang mungkin nantinya bisa teman-teman jadikan rujukan untuk mengembangkan dan membuat RPP satu lembar sendiri.
Namun sebelum kalian download kumpulan contoh RPP satu lembar SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2021 ini. Perlu menjadi perhatian kita akan harapan besar pemerintah dengan adanya kebebasn untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dalam bentuk RPP satu lembar.
Banyak sekali keuntungan yang diperoleh pendidik atas adanya penyederhaan RPP satu lembar ini. Mulai dari waktu yang awalnya lebih banyak dihabiskan untuk membuat RPP. Pembiayaan untuk mewujudkan RPP menjadi lebih ringan, mulai dari tinta hingga kertas yang lebih irit.
 

Kumpulan Contoh RPP satu lembar SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2021


Berikut berbagi tutorial sampaikan contoh RPP satu lembar SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2021 yang mungkin bisa rekan-rekan jadikan rujukan. Dengan contoh RPP satu lembar ini kalian mampu melihat sedikit contoh gambaran bentuk RPP satu lembar.



Contoh Rencana Pembelajaran Satu Lembar SD/MI
Tahun Pelajaran 2021


Sekolah                            : SD Negeri Nusantara

Kelas /Semester               : I/2 (dua)

Topik 6                            : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1                       : Temperatur dan Kalor

Evaluasi ke-                    : 1

Konsentrasi Evaluasi      : Bahasa Indonesiadan IPA

Peruntukan Waktu          : 6 x 35 menit(6 JP)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Dengan tuliskan kalimat kunci yang diketemukan dalam setiap paragrafbacaan, murid sanggup merangkum text eksplanasi pada medium bikin secaratepat.
  • Dengan membuat ringkasan bacaan, murid sanggup menyediakan singkatanteks secara pas.
  • Dengan lakukan eksperimen mengenai bagaimana sumber energi panasdapat mengakibatkan perombakan, murid sanggup mengaplikasikan konsepperpindahan kalor di kehidupan setiap hari secara bertangung jawab.
  • Dengan membuat laporan eksperimen, murid sanggup memberikan laporan hasilpengamatan mengenai peralihan kalor secara pas..


B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Aktivitas Pendahuluan

  • Kelas diawali dengan dibuka dengan salam, bertanya berita dan kedatangan murid
  • Kelas diteruskan dengan do'a dipegang oleh salah seorang murid. (spiritual).
  • Menyanyikan lagu nasional Guru memberi pengokohan semangat Nasionalisme.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ dengarkan/ bicara sepanjang 15-20 menit (literasi)

 

Aktivitas Pokok

  • Guru menerangkan seputar materi yang akan diterangkan
  • Guru membagi murid jadi kelompok-kelompok
  • Murid memperhatikan medium evaluasi mengenai materi yang diberikan
  • Guru ajak murid berunding terkait mengenai materi yang diberikan
  • Murid berunding dengan sama-sama anggota kelompoknya dengan tuntunan guru
  • Masing masing barisan mempresentasikan hasil kelompoknya di muka kelas
  • Guru memberikan pengokohan mengenai jawaban murid perwakilan barisan
  • Bersama guru murid memajang hasil kerja murid di papan pajangan

 

Aktivitas Bersama Orang Tua

Pengetahuan berkenaan materi yang didalami kembali oleh murid di dalam rumah bersama orangtua guru mengawasi evaluasi

 

Aktivitas Penutup

  • Murid mapu mengemukan hasil belajar ini hari
  • Guru memberi pengokohan dan ringkasan
  • Menyanyikan salah satunya lagu wilayah nasionalisme
  • Salam dan do'a penutup diperintah oleh saha satunya murid


C. ASESMEN / PENILAIAN

  • Penilaian Sikap : Pengamatan sepanjang aktivitas berjalan
  • Penilaian Pengetahuan
  • Penilaian Ketrampilan



Semoga artikel ini memberi kemanfaatan untuk rekan-rekan sekalian. Terima kasih untuk yang sudah mau mampir berkunjung ke blog berbagi tutorial. Jangan lupa untuk follow berbagi tutorial ya. . . Terima kasih.