Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK) – Sudah menjadi pekerjaan rutin seorang operator sekolah/madrasah untuk mengolah data peserta didik. Mulai dari saat awal Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) hingga ujian. Tentunya hal ini akan sangat melelahkan bagi operator. Bagaimana tidak mengolah data sekian banyak murid, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor induk kependudukan dan masih banyak lagi.

Beragam data yang harus di masukkan oleh operator ke dalam aplikasi EMIS ataupun DAPODIK. Tidak hanya dituntut untuk dapat melakukan input data tetapi lebih daripada itu data yang dimasukkan harus valid.

Kenapa data harus VALID?

Satu pertanyaan yang menarik untuk admin bahas di artikel kali ini. Seperti kita telah ketahui bersama bahwa semakin tahun aplikasi pengolahan data semakin maju dan berkembang. Ada aplikasi Education Management Information System (EMIS) di Kemenag dan aplikasi DAPODIK di kemdikbud.
Perkembangan pengolahan data itupun saat ini sudah saling terintegrasi, saling terhubung satu sama lain. Dari EMIS ataupun DAPODIK nantinya akan ditarik data ke VERVAL PD milik PDSPK/PUSDATIN untuk dilakukan verval NISN. Dari VERVAL PD akan ditarik data lagi ke aplikasi PD.DATA untuk dilakukan verval Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL).

Begitu rumit dan banyak hal yang harus dikerjakan operator sehingga mampu menyajikan data yang valid sesuai dengan dokumen yang ada. Hal itu harus dan wajib dilakukan operator untuk mendukung pendidikan melaui data.

Apa itu SIDADIK?

Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

Pada artikel kali ini admin akan sharing dengan teman-teman operator sebuah aplikasi yang mungkin akan sedikit membantu untuk menampilkan data yang valid. Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK) nama aplikasi ini. Tentunya bukan untuk menjadi pesaing EMIS atau DAPODIK karena terlalu jauh untuk diperbandingkan. Aplikasi ini admin buat sebagai database madrasah/sekolah sebelum data itu diinput ke aplikasi EMIS ataupun DAPODIK.

Aplikasi ini berbasis PHP yang bias digunakan secara online ataupun offline. Karena merupakan aplikasi database madrasah/sekolah, tentunya berisi tentang seluruh data yang ada di satuan pendidikan. Mulai dari Kelembagaan, Sarana Prasarana, Guru dan Tenaga Kependidikan, hingga seluruh data siswa sesuai EMIS dan DAPODIK.

Apa saja fiturnya ?

Fitur aplikasi ini terbagi menjadi 5 bagian penting
1. Login Admin
Hal utama dalam aplikasi ini adalah pengolahan data, tentunya dalam fitur login admin ini menjadi hal pokok. Admin dapat memasukkan dan edit seluruh data yang ada di SIDADIK ini. Kurang lebih berikut ini adalah tampilan dashboard admin
Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)


2. Login Walikelas
Selain admin yang mendapat akses login, walikelas juga mendapat akses login. Hal ini diperlukan untuk selalu memantau kevalidan data. Jadi walikelas juga dapat melihat data peserta didik di dalam kelasnya apakah sudah lengkap atau belum. Di samping itu walikelas juga dapat melakukan edit data siswa di dalam kelasnya masing-masing. 
Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)


3. Login siswa
Fitur selanjutnya adalah login siswa. Pada aplikasi ini siswa juga mendapat akses login, untuk memastikan apakah data yang diinput opeh operator sudah sesuai dengan dokumen yang ada. Ketika ada kesalahan penginputan data peserta didik dapat melaporkan kesalahan tersebut kepada walikelas ataupun operator untuk dapat dilakukan editing data
Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

4. Cari siswa
Fitur ini digunakan untuk mencari data siswa secara cepat tanpa harus login, sehingga sewaktu-waktu data dibutuhkan dapat langsung melihat tanpa harus melakukan login terlebih dahulu
Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

5. Cetak Lembar Induk Siswa
Fitur terakhir aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencetak lembar induk siswa.
Aplikasi Sistem Data Pendidikan (SIDADIK)

Kedepan aplikasi ini Insya Allah akan terus dikembangkan untuk menjadi basedata di satuan pendidikan, sehingga akan mudah bagi operator untuk menyajikan data yang valid. Tinggal jejak komennya ya!

Sebelum download aplikasinya, mohon kesediaan untuk share ya. Jangan lupa follow website mr-ell dan Susbcribe Channel youtube Mr Ell Berbagi Tutorial.


Terima Kasih atas supportnya.