Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru (ada fitur export ke Excel)

Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru

Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru (ada fitur export ke Excel) - Mungkin kamu salah satu operator? Atau kamu seorang guru yang kebetulan menjadi Panitia PPDB? Mungkin bukan sebuah kebetulan kamu mampir ke Berbagi Tutorial. Mungkin saat ini kamu sedang mencari-cari aplikasi PPDB. Sabar ya jangan keburu pindah dulu.

Kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial dengan rekan-rekan semua. Yang mungkin sedang sibuk mempersiapkan Penerimaan Siswa Baru. Kegiatan ini harus betul-betul kita konsep secara matang, untuk mendapatkan input murid yang memenuhi kuantitas dan kualitas.

Tentunya dengan menggunakan aplikasi PPDB ini akan menjadikan pekerjaanmu lebih ringan. Ada banyak fitur dalam aplikasi ppdb Pro ini, apa aja sih kelebihan aplikasi PPDb ini?

Secara singkat aplikasi ini dibangun menggunakan CI dan Boostrap, jadi kalian bisa gampang oprek-oprek sesuai dengan kebutuhan. Untuk versi PHP agar tidak terjadi error saat mau export dan error yang lain. Versi PHP nya maksimal versi 7.2 ya, Don't Forget.

Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru (ada fitur export ke Excel)

Yang jelas yang pertama ada fitur form pendaftaran siswanya ya, namanya juga aplikasi ppdb. Tentu harus ada lembar registrasinya dong. Tapi jangan buru-buru dulu. Di dalam lembar registrasinya aplikasi ini sudah memuat banyak sekali data. Berbagi Tutorial sudah berusaha untuk menyesuaikan data isian pada form registrasi PPDb ini sesuai dengan EMIS dan DAPODIK. Yah walaupun mungkin belum semuanya tercover sih, Tapi mungkin sekitar 70-80 an persen ada . .lah.

Aplikasi PPDB sesuai EMIS dan DAPODIK Terbaru


Mungkin muncul pertanyaan di benak kalian. Apa nggak kasihan yang daftar klo kebanyakan input datanya? Menurutku sih nggak papa, toh mereka juga calon siswa kan butuh sekolah di tempat kita.

Kenapa data registrasi yang dimasukkan sebanyak itu?

Yuhuuuu...pertanyaan yang Jos markojos. Jawabannya output data dari PPDB ini nantinya bisa digunakan sebagai basedata lengkap sekolahmu. Seperti kita tahu, tuntutan isian data akhir-akhir ini di aplikasi EMIS atau DAPODIK kian semakin bertambah banyak. Kalai kita sudah punya modal data sejak awal PPDB ini tentu akan memudahkan sekolahmu.

Seringkali terjadi pendataan telat karena data yang tidak lengkap. Kesalahannya adalah kesempatan PPDB yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data awal tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Yang kedua Fitur Login Siswa. Pada hal ini calon siswa dapat melakukan akses login ke berandanya. Fungsinya untuk melakukan cek dan ricek data. Apakah data yang di input saat registrasi sudah sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Di samping itu di dalam login akun calon siswa ini berguna juga untuk mencetak bukti pendaftaran. Dan juga untuk melihat hasil pengumuman kelulusan PPDB.

Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru

Apabila setelah melakukan cek biodata di dalam akun loginnya, kok terdapat kesalahan input. Maka calon siswa dapat melakukan edit dengan cara melaporkan kesalahan data pada Panitia PPDB saat melakukan verifikasi. Jadi setelah calon siswa mencetak bukti pendaftaran siswa harus menyerahkan berkas dokumen yang dibutuhkan. Antara lain, foto, kartu keluarga dan akte kelahiran.

Setelah calon murid baru melakukan step di atas, selanjutnya tinggal menunggu jadwal tes. Ini optional sih mau pakai tes apa nggak. Tapi aplikasi ini memang tidak di konsep dengan mengumpulkan raport ya.

Alasannya, kenapa tidak menggunakan nilai raport? Karena menurut bang ngadmin nilai dari raport kurang begitu fair. Hal ini disebabkan karena batas KKM tiap sekolah itu berbeda-beda bos. Akan lebih fair kalo penerimaan siswa baru itu menggunakan tes langsung. Itu makanya di aplikasi ini tidak ada input nilai raport. Jadi cukup jelas ya, di aplikasi ini tidak menyediakan fungsi tersebut, karena konsepnya siswa masuk seleksinya pakai tes.

Selanjutnya siswa tinggal menunggu jadwal tes kalau ada. Kalau nggak ada ya tinggal menunggu pengumannya saja.


Next . . . fitur selanjutnya apa hayooooo? ya jelas login admin dong. Siapa yang ngolah data kalau gak ada fitur login adminnya.

Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru


Di dalam fitur admin ini ada beberapa hal yang mungkin perlu kita bahas lebih terperinci. Siapin kopi, cemilan ama udud dulu. kalo udah siap ane bahas ya apa aja fitur yang ada dalam login adminnya :

Fitur Admin Aplikasi PPDB Sesuai Emis dan Dapodik Terbaru

  • Buka dan tutup pendaftaran
    Jadi dalam aplikasi PPDB ini terdapat fitur, dimana admin bisa membuka dan menutup pendaftarn. Pembukaan dan penutupan pendaftarn tentunya di dasarkan pada jadwal PPDb yang sudah kalian buat sebelumnya.

  • Verifikasi
    Setelah siswa mendaftar, tugas admin adalah siap-siap kedatangan calon siswa yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran secara online. Calon murid baru itu akan datang dengan membawa bukti pendaftaran dan berkas yang diminta. Setelah panitia atau operator atau admin melakukan cek berkas dengan input registrasinya admini memverifikasi calon siswa tersebut.

    Kenapa harus demikian?

    Gini nih saya jelasin. Jadi verifikasi ini jadi tanda untuk panitia kalau si anak sudah mengumpulkan berkas apa belum. Kalau dia sudah terverifikasi artinya dia sudah ngumpulin berkasnya. Kalu masih merah, berlum terverifikasi tandanya dia belum mengumpulkan berkas.

    Berkas itu penting lho untuk sekolah! Karena asal kalian tahu, sekarng mau klaim edit NISN harus upload berkas, edit identitas harus uppload juga. Di aplikasi verval PD tentunya ya. OK Sudah jelas kan? 

    Selain itu di dalam menu verifikasi juga ada tombol untuk edit info setelah siswa di verifikasi. Info ini nantinya akan tertera pada bukti yang di cetak panitia dan di serahkan pada calon siswa. Kalau tempat saya sih, infonya berupa Tes Potensi Akademik. Karena memang konsepnya seperti itu.

  • Setting pengumuman
    Nah pada menu yang ini, berfungsi untuk menentukan, mana siswa yang lolos dan tidak. Sekaligus ada tab menu untuk memberikan informasi kepada calon siswa tentang langkah selanjutnya ketika ia dinyatakan diterima. Mestinya info tentang daftar ulang. Jadi setelah panitia menentukan siswa yang lulus dan tidak, calon murid akan mencetak buktinya dan dibawa untuk melakukan daftar ulang. Sesuai dengan waktu dan tanggal yang sudah kalian atur pada menu setting pengumuman tadi.

  • Export data ke Excel
    Nah fitur terakhir adalah ekspor data pendaftar ke aplikasi excel. Ini seperti yang sudah berbagi tutorial bahas di awal tadi ya. Jadi seluruh calon siswa yang ada di dalam database nantinya akan bisa di ekspor ke dalam bentuk excel data. Tenang aja, adal kolom lulus atau tidak kok di paling belakang, jadi kalian nanti bisa short mana data yang mau di pakai atau tidak.

Nah kurang lebih itu, ulasan tentang aplikasi PPDB pro terbaru ini, semoga bermanfaat dan dapat digunakan di sekolah/madrasah kamu. Mau download, gaskui



Untuk lebih detail tentang fitur-fiturnya demo tombol demo sudah ada di atas ya!! atau kalian bisa berkunjung ke Channel Youtube Mr. Ell ya. Jangan lupa SUBREKKKKK yang belum subrekk, nyalain loncengnya biar gak ketinggalan infohhh. Semoga bermanfaat, Terima kasih.