Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

Kartu pelajar merupakan identitas siswa yang sedang menjalani pendidikan pada suatu satuan pendidikan tertentu. Mulai dari peserta didik yang menempuh pendidikan pada tingkat dasar hingga perguruan tinggi. 

Pada dasarnya identitas akan memuat beberapa info penting tentang seseorang. Tentu yang di maksud di sini tidak lantas semua informasi. Hanya informasi pokok saja yang akan tertulis dalam sebuah kartu.

Seperti contoh nama, tempat tanggal lahir, agama, jenis kelamin, dan alamat. Karu pelajar sangat dibutuhkan siswa sebagai tanda pengenal dia sebagai pelajar.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

Selain fungsinya sebagai identitas, kartu pelajar juga menjadi persyaratan tertentu bagi siswa saat mengikuti kegiatan perlombaan atau kompetisi.

Biasanya yang bertanggung jawab untuk pembuatan kartu pelajar di sekolah adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dengan dibantu oleh pembina osis atau bagian Tata Usaha sekolah.

Akan tetapi bukan suatu kemustahilan kita yang membuatnya. Karena proses pembuatan id card tersebut terhitung tidak begitu sulit. Ditambah lagi bahan-bahan untuk membuat kartu pun juga relatif mudah dicari.

Apabila ingin membuat sebuah card id yang profesional, tentunya memang harus menggunakan alat dan bahan yang mumpuni. Maksud saya di sini adalah selayaknya kita membuat kartu seperti atm sim dan sebagainya.

Kalau kita memiliki cukup modal, kita bisa membeli bahan yang profesional seperti card id, mesin print kartu dan software kartu yang sudah datu paket dengan mesin cetaknya, seperti halnya saat kita membuat sim. Tentunya kalian yang sudah 17+ mengetahui bagaimana mesin cetak kartu yang digunakan.

Namun banyak dari kita yang terkadang terganjal karena biaya, sehingga tidak mampu untuk membeli peralatan yang profesional.

Namun, walaupun begitu kita masih dapat membuat kartu yang elegan dan tidak kalah mirip dengan kartu identitas lainnya.

Untuk membuat kartu yang demikian. Bahan yang kita perlukan antara lain :

  • Kertas PVC
    Ini adalah salah satu jenis kertas yang dapat kita gunakan untuk membuat kartu identitas yang profesional. Kertas ini terdiri dari 3 lapis. Lapisan pertama halaman depan kartu, kedua bagian dalam atau bagian tebal kartu, ke-3 bagian halaman belakang kartu.

    Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

  • Mesin cetak/printer (biasanya saya pakai epson)
    Untuk opsi mesin cetak silahkan sesuai budget dan selera, kalau saya biasa menggunakan printer epson karena lumayan bening untuk melakukan cetak foto. Sedangkan tinta yang digunakan disarankan menggunakan tinta pigment agar hasil cetak lebih awet dan tidak mudah pudar.
  • Mesin laminating
    Setelah kita mencetak bagian depan dan belakang kartu. Maka kartu itu disatukan dengan bagian tengah kertas PVC yang tebal menggunakan mesin laminating. Saat melakukan laminasi usahakan jangan terlalu panas atau dingin. Serta lakukan jangan hanya sekali laminasi agar lebih terekat dengan baik.
  • Alat pemotong
    Setelah di laminasi potong menggunakan alat pemotong kertas. Kalau ndak mau beli ya bisa menggunakan gunting atau cutter.
  • Mesin plong kartu
    kartu yang sudah di potong di proses menggunakan mesin plong manual ya. Lumayan bikin njarem (dalam bahasa jawa) kalau jumlah kartunya banyak.

    Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

  • Software kartu pelajar
    untuk poin ini silahkan lanjut baca ya, kalem aja sambil minum kopi.

Untuk proses pembuatanya sudah ad di video tutorial Mr. Ell ya, silahkan diintip. 

https://youtu.be/gGIWIN75J_A

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

Nah bahasan pokok pada tulisan ini adalah tentang aplikasi kartu pelajar. Untuk mendukung peralatan sederhana kita tadi tentunya kita memerlukan software aplikasi yang mumpuni.

Aplikasi ini merupakan software berbasis PHP. Jadi tampilan yang disajikan akan begitu enak dipandang mata

Selain itu kemudahan dalam pengoperasiannya juga sangat user firendly. Sehingga akan sangat mempercepat pekerjaan kita dalam membuat kartu pelajar siswa.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah bisa langsung foto melalui aplikasi. Jadi kita tidak perlu menggunakan software corel/potosop yang harus secara manual mengatur foto dan tulisan satu per satu tiap siswanya.

Berikut secara rinci fitur dan cara penggunaan aplikasi kartu pelajar ini :

1. Fitur Login admin

Cukup jelas penggunaannya, untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut memerlukan login admin. Namun selain fitur login admin, dapat menambah lagi operator untuk membantu pekerjaan admin.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

2. Unggah Data Siswa

Pengelolaan database siswa di sini cukup mudah. Karena hanya cukup dengan melakukan unggah data berupa dokumen CSV tidak perlu menginput data siswa satu persatu. Dengan begitu akan lebih mempercepat penginputan data.

Data siswa bisa diambilkan melalui database sekolah/madrasah yang ada di emis ataupun dapodik.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

3. Ubah Desain Kartu

Untuk membuat template/desain desain kartu baru silahkan gunakanah ukuran W: 1020 Pixel x H: 315 Pixel.

Ukuran adalah ukuran standard kartu id card 3.375″ x 2.125″ (85.6 x 54 mm) yang paling banyak digunakan.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam


4. Foto Webcam

Fitur yang menarik lainnya adalah aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur foto langsung melalui webcam. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk upload foto satu per satu.
Saran mimin gunakan webcam yang bagus agar mendapat hasil yang maksimal.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam

5. Cetak Kartu

Fitur terakhir adalh cetak kartu. Saat semua data sudah selesai diinput dan semua siswa sudah melakukan foto via webcam maka kartu sudah siap di cetak.

Anda dapat memilih siswa yang akan di cetak dengan menceklis siswa tersebut.

Aplikasi Kartu Pelajar Keren Foto Via Webcam
Itulah sedikit ulasan tentang aplikasi kartu pelajar ini. Untuk kalian yang mungkin ingin bisa memanfaatkannya silahkan bisa diunduh di bawah ini. Jangan lupa follow webnya ya!



Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba.