10 rumus Excel Yang Paling Berguna Dalam Dunia Kerja

10 Rumus Excel Yang Paling Berguna

10 rumus Excel Yang Paling Berguna Dalam Dunia Kerja – Pada masa sekarang ini, di dalam dunia kerja tak akan pernah terlepas dari pemakaian perangkat lunak Microsoft Office. Salah satu Software yang acap kali digunakan dalam dunia kerja adalah Excel.

Perangkat lunak rilisan dari Microsoft office ini (excel) merupakan sebuah fitur spreedsheet yang menduduki peringkat terwahid dalam penggunaanya di permukaan bumi ini. Excel hampir dipergunakan dalam segala aspek pekerjaan.

Tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, namun bahkan software ini sudah banyak sekali kita jumpai di toko-toko kelontong kecil. Walau tidak sedikit kompetitor lain yang secara dasar berfungsi sama dengan excel, sampai saat ini excel masih menjadi perangkat lunak andalan dalam pengelolaan data.

Saat ini excel yang paling berguna dalam dunia kerja, masih menjadi pilihan utama. Selain digunakan untuk pengolahan data, melalui fungsi macro sampai bahasa pemrograman VBA. Excel juga tidak kalah bersaing dengan perangkat lunak lain dalam mengelola tugas dalam dunia kerja yang berbentuk teks.

Selain dari pada itu excel juga handal dalam pengelolaan data berupa grafik, diagram dan banyak hal lainnya.

10 rumus excel yang paling berguna dalam dunia kerja

Sebelum kita menyasar pada pembahasan utama, yakni 10 rumus excel yang paling berguna dalam dunia kerja. Berbagi tutorial akan sedikit mengulas tentang perangkat lunak ini.

Pengertian

Perangkat lunak excel ialah software spreedshet yang secara dasar digunakan untuk mengolah basedata berupa angka.

Sejarah singkat Excel

Pada mulanya sebelum berganti nama menjadi excel, pada kisaran tahun 1982 perangkat ini bernama Multiplan. Pada kala itu excel menjadi pesaing berat perangkat lunak sejenis yakni Lotus I-II-III

Trending  Registrasi PTK Level 2 Baru di Aplikasi Simpatika (Level 2)

Versi windows aplikasi ini muncul sekitar tahun 80-an tepatnya pada tahun 1987. Kegagalan persainganlah yang pada akhirnya memaksa perangkat ini berubah nama menjadi excel pada versi Machintos milik perusahaan besar Apple sekitar tahun 1985.

Dikala itulah perangkat lunak rilisan Microsoft Office ini mulai bertengger dipuncak sebagai aplikasi pengolah data terbaik hingga saat ini.

Manfaat dan kegunaan microsoft excel

Secara dasar excel adalah perangkat lunak berupa lembaran-lembaran kerja. Di dalam lembar kerja atau yang disebut worksheet ini terdiri dari kolom dan baris.

Pertemuan antar kolom dan baris disebut dengan istilah sel. Satu misa Kolom C pada baris ke-lima maka kita sebut dengan sel C5.

Dalam pengolahan data yang mengharuskan efektifitas dan efisiensi pekerjaan, excel adalah jawabannya. Karena ia adalah aplikasi yang melakukan olah data serba otomatis.

Satu misal ketika kita akan melakukan penjumlahan angka yang berada dalam puluhan bahkan ratusan sel. Kita tidak perlu menambahkannya satu per satu. Cukup dengan menggunakan rumus yang salah satunya akan kita bahas nanti.

Kelebihan yang dimiliki excel adalah kemampuan untuk melakukan olah data dalam jumlah banyak dalam waktu singkat dan auto. Di samping itu, excel juga diperuntukkan untuk mengelola basedata dalam kapasitas yang besar. Karena faktor inilah, lantas excel menjadi pilihan utama dalam bermacam-macam keperluan administrasi

Karena kelebihan yang sekian banyak, kebergunaan membuat hasil dari satu pola function. Maka excel akan sangat bermanfaat untuk dipergunakan dalam hal-hal berikut ini :

  1. Kecepatan dan ketepatan function dalam excel dalam mengolah angka, tentunya aplikasi ini akan sangat berguna kala dipergunakan untuk menyajikan sebuah laporan keuangan. Mulai dari income outcome hingga rugi dan untuk suatu perusahaan.
  2. Di dalam lingkungan pendidikan apalagi. Pastinya Excel akan sangat diperlukan semisal membuat absen siswa, melakukan perhitungan hasil evaluasi pembelajaran atau pengoalahan nilai dan lain sebagainya
  3. Selain dari kebergunaan di atas, kalau kita memperhatikan lebih dalam. Dasar dari segala pembuatan grafik yang ada dalam lalu lintas website ya menggunakan kelebihan dari aplikasi ini.
Trending  Tutorial Lengkap Rapor Digital Madrasah (RDM) Login Admin

Itulah mengapa yang menjadi excel tetap menjadi pilihan pertama perusahaan-perusahaan ternama dalam pengolahan administrasinya. Karena begitu besar impact positif dan kemudahan yang diberikan aplikasi ini terhadap kesuksesan sebuah perusahaan.

Berikut ini adalah 10 rumus excel yang paling berguna dalam dunia kerja :

  • SUM
    Digunakan untuk melakukan penjumlahan angka yang ada di dalam cell

  • AVERAGE
    Untuk menghitung rerata angka dalam cell tertentu

  • MAX
    Menghitung angka tertinggi dalam range tertentu

  • MIN
    Untuk mengetahui value terendah dalam range tertentu

  • IF
    Rumus logika, Jika A maka B Jika tidak maka C

  • COUNTIF
    Menghitung karakter yang ditentukan dalam range tertentu

  • VLOOKUP
    Mencari value, berdasarkan data tabel paling kiri

  • LOWER
    Membuat karakter huruf menjadi kecil

  • UPPER
    Membuat karakter huruf menjadi kapital

  • PROPER
    Membuat karakter huruf pertama menjadi kapital

Secara lebih detail tentang apa fungsi dan kebergunaannya, insya allah akan berbagi tutorial bahas dalam pembahasan selanjutnya. Semoga informasi ini memberi kemanfaatan kepada kalian yang sudi mampir di blog kami. Thank’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *